BeritaRegionalTravelUmum

Pemerintah akan Percepat Pembagunan Stasiun Ultimate Tanah Abang

BIMATA.ID, Jakarta- Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan PT Kereta Api Indonesia/KAI (persero) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempercepat pembangunan Stasiun Tanah Abang menjadi stasiun ultimate.

Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal mengatakan, Stasiun Tanah Abang akan dikembangkan dengan memanfaatkan lahan seluas 1,6 hektare. Pengembangan ini dilakukan untuk mengakomodasi pertumbuhan penumpang KRL Jabodetabek.

BACA JUGA: Menhan Prabowo: Inovasi Komando Teritorial di Kodam III Siliwangi Pecahkan Kesulitan Rakyat

Sesuai data yang dihimpun berdasarkan tap in dan tap out, jumlah penumpang yang keluar – masuk di Stasiun Tanah Abang mencapai lebih dari 36.000 orang per perhari, sementara penumpang yang transit di stasiun ini mencapai 105.000 orang per hari.

Dalam pengembangan Stasiun Tanah Abang, DJKA akan mengerjakan pembangunan gedung stasiun termasuk emplasemen, peron, penataan jalur dan fasilitas operasi kereta api. Sementara PT KAI (persero) akan bertanggung jawab dalam penataan area parkir, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan bertanggung jawab terhadap penataan area dan akses di sekitar stasiun.

“Luas bangunan yang akan DJKA bangun nantinya sekitar 1,3 hektar, yang akan memanfaatkan lahan bekas Depo Lokomotif Tanah Abang,” tutur Risal, Kamis (16/03/2023).

BACA JUGA: Berikan Kontribusi Nyata untuk Perkembangan TNI AU, Prabowo Diangkat Sebagai Warga Kehormatan Kopasgat

Dia menyebut, setelah dilakukan pengembangan, stasiun ini nantinya akan mampu melayani penumpang keluar-masuk sebanyak 80.000 orang per hari, dan penumpang transit sebanyak 300.000 orang per hari dengan empat peron dan enam jalur aktif.

Risal menjelaskan, pengembangan Stasiun Tanah Abang akan dibagi ke dalam tiga tahap. Pada Tahap I, DJKA akan melakukan pekerjaan yang meliputi kegiatan pembangunan gedung stasiun baru dan emplasmen di lahan bekas Depo Lokomotif Tanah Abang. Tahap I ini diharapkan dapat segera selesai sehingga bangunan baru Stasiun Tanah Abang sudah dapat difungsikan pada akhir tahun ini.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Sebut Presiden Jokowi Bertekad Miliki Pertahanan yang Kuat

Dia berharap, percepatan pembangunan Stasiun Tanah Abang dapat terealisasi sehingga dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close