BeritaNasional

Kepala PPATK Pastikan Safe Deposit Box Rafael Alun Trisambodo Sudah Diblokir

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana memastikan telah memblokir atau bekukan safe deposit box yang dimiliki Mantan Pejabat Pajak Eselon III, Rafael Alun Trisambodo. Safe deposit box itu merupakan uang yang disimpan dalam bank

“Kan sudah dibekukan semua,” katanya, Kamis (16/03/2023).

Baca Juga : Menhan Prabowo: Inovasi Komando Teritorial di Kodam III Siliwangi Pecahkan Kesulitan Rakyat

Pihaknya mengatakan, Diketahui bahwa safe deposit box milik Rafael Alun senilai Rp 37 miliar itu terdapat dalam bentuk pecahan mata uang dolar Singapura dan dolar Amerika Serikat (AS). Pemblokiran oleh PPATK dilakukan sebelum sempat diambil Rafael Alun.

“Ya ada upaya penarikan termasuk terhadap SDB nya,” ucapnya.

Adapun temuan safe deposit box senilai Rp37 miliar itu. Ternyata berbeda dengan mutasi rekening bank milik Rafael senilai total Rp500 miliar yang sebelumnya telah diblokir PPATK terjadi sejak 2009-2023.

Cek Juga : Prabowo Subianto Sebut Presiden Jokowi Bertekad Miliki Pertahanan yang Kuat

Sehingga, PPATK bersama KPK masih berkoordinasi untuk melakukan tracing atau melacak harta-harta yang coba disembunyikan. Hal itu sebagai tindaklanjut penyelidikan KPK atas dugaan korupsi Rafael Alun.

“Pemblokiran masih berlangsung dan kami koordinasikan terus dengan KPK,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, PPATK telah memblokir lebih dari 40 rekening berkaitan dengan Rafael Alun Trisambodo. Nominal transaksi dari 40 rekening itu mencapai Rp500 miliar.

Rekening tersebut merupakan rekening istri Rafael Alun Ernie Meike Torondek dan sang anak Mario Dandy Satriyo, tersangka penganiayaan David Ozora atau David Latumahina.(oz)

Simak Juga  Prabowo Pimpin Langsung Demonstrasi Kopasgat TNI AU di Bandung

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close