BeritaKesehatanRegional

Dinkes Bogor Imbau Masyarakat Tetap Gunakan Masker Saat Berkerumun di Bulan Ramadhan

BIMATA.ID, Bogor – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, memberikan himbauan kepada masyarakat, untuk tetap menggunakan masker selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah/ 2023 Masehi ketika berada dalam kerumunan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor Erna Nuraena mengatakan, mengacu kepada Inmendagri 53 Tahun 2022, tentang Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 pada masa transisi menuju endemi, pemerintah mendorong masyarakat untuk tetap menggunakan masker dengan benar.

“Terutama empat kondisi yang riskan menyebabkan penyebaran COVID-19 kembali, di antaranya kerumunan,” kata Erna, dikutip dari antaranews, Selasa (28/03/2023).

Baca Juga : Prabowo Kian Diterima Semua Pihak

Erna menyampaikan, anjuran menggunakan masker utamanya dalam empat kondisi, yakni ada keadaan kerumunan dan keramaian aktivitas masyarakat, di dalam gedung/ruangan tertutup dan sempit, masyarakat yang bergejala penyakit pernapasan dan masyarakat yang kontak erat dan terkonfirmasi.

“Jadi sebagai bentuk kewaspadaan agar kesehatan selalu terjaga, masyarakat diimbau tetap memakai masker,” ujarnya.

Sementara itu, hingga Senin, pencapaian vaksinasi COVID-19 dosis kesatu mencapai 94,04 persen atau 865.779 orang, dosis kedua 84,15 persen atau 774.695 orang. 

Untuk vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau penguat pertama 51.54 persen atau sebanyak 368.558 orang dan dosis keempat atau penguat kedua 4.39 persen atau sebanyak 31.425 orang.

Data tersebut dinilai cukup rendah untuk memenuhi kekebalan tubuh masyarakat hingga level yang keempat, mencegah untuk tertular  COVID-19.

Simak Juga : Elektabilitas Prabowo Naik Berkat Efek Jokowi, Pengamat: Ini Adalah Kekuatan

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close