Regional

Di Sulsel, Jokowi Canangkan Pembangunan Kereta Api Makassar-Parepare Tembus Manado

BIMATA.ID, Maros – Presiden Joko Widodo meresmikan Devo Maros Kereta Api Makassar-Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3/2023).

Pada momentum peresmian kereta api pertama di Sulsel tersebut, Jokowi mengatakan, pembangunan transportasi massal di Indonesia cukup terlambat.

“Kita ini terlambat dalam membangun transportasi massal. Padahal itu adalah hal basic untuk menghubungkan antar kota dan kabupaten hingga provinsi,” katanya.

Imbasnya, kepemilikan kendaraan pribadi kian meningkat dan mengakibatkan macet di seluruh kota.

“Semua orang berboncengan, naik mobil pribadi, tidak ada yang mau transportasi massal dan akibatnya macet. Tidak hanya di Jakarta, namun hampir di seluruh kota,” ujarnya.

Jokowi mendorong pembangunan kereta api dilakukan di seluruh wilayah.

“Kita pilih yang paling murah, yakni kereta. Lalu kita perintahkan untuk dibangun, fokusnya ada dua yakni di Kalimantan dan Sulawesi. Lalu diputuskan untuk membangun di Sulawesi,” ujarnya.

Ia pun berkomitmen untuk terus mengembangkan kereta api di Sulawesi Selatan yang nantinya akan bersambung ke Manado dan daerah lainnya di Sulawesi Utara.

“Jalur kereta api trans Sulawesi ini Insyaallah akan sambung menyambung dari Makassar ke Sulawesi Utara, Manado,” pungkasnya.

Jokowi berkunjung ke Sulawesi Selatan dengan beberapa agenda. Ia didampingi Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close