BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Dampingi Presiden Kunjungan Kerja ke Kalsel, Pengamat: Jokowi Endorse Prabowo Jadi Penerusnya

BIMATA.ID, Kalset- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah video yang berisi kunjungan kerja yang didampingi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ke Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan dengan agenda Istighosah dan doa bersama Rabithah Melayu-Banjar, kunjungan ke pasar, bercengkrama dengan pedagang dan warga, serta meresmikan jalan.

Dalam postingan tersebut Presiden Jokowi menyertakan keterangan yang menyebutkan bahwa dirinya kali pertama berkunjung ke Kabupaten Tabalong. Dia juga menyebutkan sikap dan budaya masyarakat setempat yang ramah.

BACA JUGA: Mayoritas Relawan Jokowi NTB Dukung Prabowo Sebagai Capres 2024

“Untuk pertama kalinya, saya berkunjung ke Tabalong, sebuah kabupaten di Kalimantan Selatan. Masyarakatnya ramah-ramah. Kotanya asyik. Di sini, saya menghadiri Istighosah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar, datang ke pasar, bersilaturahmi dengan tokoh adat dan agama, juga meresmikan proyek-proyek infrastruktur,” tulis caption dalam unggahan Presiden Jokowi.

Yang menarik perhatian dalam postingan video yang berdurasi kurang dari satu menit itu adalah suara Menhan Prabowo sebagai narator dalam video tersebut.

Prabowo menyampaikan bahwa Jokowi merupakan presiden pertama yang menginjakkan kaki di wilayah itu sejak kemerdekaan Republik Indonesia 77 tahun yang lalu.

BACA JUGA: Megawati Bertemu Jokowi di Tengah Isu Duet Prabowo-Ganjar Dijodohkan, Ini Analisis Pengamat

“Presiden Indonesia yang pertama hadir disini, dalam sejarah kemerdekaan kita, adalah Presiden Joko Widodo,” ungkap Prabowo dalam sambutannya di video itu.

Unggahan Presiden Jokowi ditanggapi oleh warga Tabalong. Dia berbangga lantaran daerahnya dikunjungi tokoh-tokoh hebat seperti Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto.

“Saya sebagai warga Tabalong Kalsel mengucapkan terima kasih banyak yang sebesar-besarnya pak.. Semoga setelah ini, Tabalong jadi makin sering dikunjungi oleh orang-orang hebat Indonesia ,” kata salah satu akun yang mengaku salah satu warga Tabalong (@palui_banaran).

BACA JUGA: Selalu diajak Presiden Kemana-mana, Prabowo Anggap Jokowi Gurunya

Lain halnya dengan akun instagram @faridaviantara yang merasa bersyukur melihat sosok Jokowi dan Prabowo yang dulunya rival, namun sekarang terlihat semakin kompak. “Alhamdulillah,Pak Jokowi selalu kompak bersama Pak Prabowo..🙏🙂”tulis akun tersebut.

Kedekatan Presiden Jokowi dengan Menhan Prabowo Subianto yang kerap ditunjukan langsung di depan publik semakin menguatkan asumsi jika Jokowi tengah serius mempersiapkan Menhan Prabowo sebagai calon penerusnya.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Sebut Presiden Jokowi Bertekad Miliki Pertahanan yang Kuat

Merespon unggahan video tersebut, Pengamat Politik Jajat Nurjaman menilai, terlepas dari kegiatan tersebut merupakan bagian dari kunjungan kerja Presiden, namun keinginan Menhan Prabowo maju kembali sebagai capres 2024 juga tidak dapat dikesampingkan.

“Salah satu hal yang tidak terduga dari semua isu tentang pilpres ini adalah sikap Presiden Jokowi yang turun langsung mengendorse pak Prabowo, hal ini tentunya diluar prediksi semua pihak, disisi lain menariknya pak Prabowo juga memberikan trend positif atas kepemimpinannya sebagai Menteri Pertahanan RI sehingga kolaborasi gaya politik ini terlihat saling melengkapi”, kata Jajat.

BACA JUGA: Dukungan Presiden Jokowi Kepada Prabowo Subianto Membuat Elektabilitas Prabowo Sulit di Kejar

Menurutnya, tidak dapat dipungkiri pasca bergabung dengan pemerintah, gaya komunilkasi politik Menhan Prabowo ini mengalami perubahan yang signifikan, apakah ini berkaitan dengan seringnya blusukan bareng dengan Presiden Jokowi ke berbagai daerah atau tidak.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close