BeritaPendidikanRegional

Kunjungi SMK di Jateng, Presiden Dipameri Presentasi Siswa Berbahasa Jepang

BIMATA.ID, SEMARANG – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) tengah melakukan kunjungan kerja di SMKN Jawa Tengah (Jateng) kampus Semarang, Jalan Brotojoyo No 1, Kota Semarang, Rabu (30/08/2023).

Terlihat, Jokowi, dan Ganjar duduk di kursi siswa, sembari mendengarkan presentasi siswa menggunakan bahasa Jepang. Nantinya, para siswa berkesempatan menempuh pendidikan di Jepang dengan beasiswa. Mereka akan ditempa di Universitas Takayama College of Car Technology, selama dua tahun.

Selain itu, Jokowi dicurhati seorang siswi yatim piatu bernama Adelia Rose Hawa yang sangat bersyukur bisa mendapatkan akses sekolah gratis. Adelia hidup sebatang kara setelah ayah, ibu dan adiknya meninggal dalam sebuah kecelakaan tahun 2019 lalu.

Adelia berharap, program sekolah gratis seperti SMKN Jateng dapat dikembangkan secara nasional.

Lihat juga: Para Ulama Apresiasi Prabowo atas Pelaksanaan Muktamar Sufi Internasional

Selepas itu, Ia meninjau sejumlah sarana dan prasarana, Jokowi mengungkapkan kekagumannya terhadap sekolah yang digagas Ganjar Pranowo tersebut.

“Ini saya kira sebuah inisiatif yang sangat bagus dari Pak Gubernur Jateng. Dulunya ini BLK (Balai Latihan Kerja) dan digeser menjadi SMK dan khusus untuk keluarga-keluarga kurang mampu,” ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Sekedar informasi, dalam kesempatan itu, Jokowi menegaskan, program sekolah gratis semacam SMKN Jateng dapat diterapkan di tingkat nasional.

Simak juga: Prabowo Jajan Takoyaki di Pasar Grogolan Pekalongan

“Nanti akan saya perintah Mendikbud datang ke sini untuk dievaluasi lagi, agar bisa diperluas ke provinsi yang lain untuk warga yang tidak mampu. Ya nanti biar Mendikbud ke sini. Kalau saya, bisa. Setelah Mendikbud ke sini nanti, baru bisa kita putuskan. Ini saya melihat bagus,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close