BeritaPolitikRegional

Bawaslu Maluku Gelar Rakor Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih

BIMATA.ID, Maluku – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Maluku, Zubair mengungkapkan, salah satu indikator peningkatan Pemilu yang berintegritas yaitu adanya data pemilih yang valid.

Sebab menurutnya, Bawaslu tidak hanya bekerja dalam pengawasan pemutakhiran data pemilih saja, akan tetapi juga diperlukan peran pihak terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil maupun Pemerintah Daerah.

Hal ini disampaikan Zubair saat memberikan sambutannya pada pembukaan Rapat koordinasi (Rakor) pengawasan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih se- Kabupaten/Kota di aula lantai tiga kantor Bupati Seram Bagian Barat (SBB) beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Prabowo ‘Dikepung’ Srikandi TNI AU Usai Dianugerahi Warga Kehormatan Kopasgat

“Harapan kami seluruh pemilih sudah bisa memiliki E-KTP. Dua tahapan penting yang sedang berjalan yakni pencalonan Anggota DPD, dimana kami menjaga dan mengawal hak konstitusional dari Bakal Calon Anggota DPD, di sisi lain kami juga menjaga hak pilih masyarakat dalam pemutakhiran data pemilih pada pemilu serentak tahun 2024,” Kata Zubair.

Kemudian, Zubair berharap kepada semua Pejabat Provinsi Maluku khususnya Bupati SBB untuk bisa memberikan fasilitas pelaksanaan tahapan pemilu sesuai dengan aturan yang berlaku.

Cek Juga: Menhan Prabowo: Inovasi Komando Teritorial di Kodam III Siliwangi Pecahkan Kesulitan Rakyat

“Pada Pilkada 2024 yg akan dilaksanakan bulan November 2024, karena sesuai dengan amanat UU 7 Tahun 2017 Pasal 434 yakni Pemerintah Daerah Wajib memberikan bantuan dan menfasilitasi Pemilu dan Pemilihan di daerah masing-masing,” tuturnya.

Selain itu, Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat, Andi Chandra Asaduddin menjelaskan, pentingnya bagi seluruh komponen menjaga soliditas jelang Pemilu dan Pemilihan pada 2024 dengan memberikan kontribusi yang positif. Karena ia menilai, hal ini sangat diperlukan agar pesta rakyat lima tahunan tersebut dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan dari oknum-oknum tertentu.

“Peran Bawaslu harus dominan dalam tahapan Pemilu dan Pemilihan, pengawasan Bawaslu untuk memastikan warga yang yang telah memenuhi syarat telah terdaftar dalam daftar pemilih,” imbuhnya.

Simak Juga: Prabowo Subianto Sebut Presiden Jokowi Bertekad Miliki Pertahanan yang Kuat

Kegiatan Pembukaan Rapat Kordinasi Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih di hadiri oleh, Forkopimda dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Seram Bagian Barat, Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Maluku, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Maluku, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Provinsi Maluku, Pimpinan Partai Politik Kabupaten Seram Bagian Barat dan Anggota KPU Kabupaten Seram Bagian Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada senin hari ini Senin 13 sampai dengan selasa 14 Maret 2023.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close