BeritaPeristiwaRegional

ANRI Apresiasi Kearsipan di Kabupaten Jepara Sangat Baik

BIMATA.ID, YOGYAKARTA – Pengawasan kearsipan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) dinilai sangat baik oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan ANRI , Zita Asih Suprastiwi, pada saat memberi pengarahan pada peluncuran aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) dan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA), di The Rich Jogja Hotel, pada Senin (13/03/2023).

Menurutnya, prestasi tersebut dapat menjadi modal menuju untuk melangkah lebih maju, dalam memasuki era digital saat ini.

Baca juga: Menhan Prabowo: Inovasi Komando Teritorial di Kodam III Siliwangi Pecahkan Kesulitan Rakyat

“Pengawasan kearsipan di Kabupaten Jepara telah menunjukkan hasil yang sangat baik,” kata Zita dalam acara yang dihadiri Penjabat (PJ) Bupati Jepara Edy Supriyanta, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko, para kepala perangkat daerah, dan admin akun Srikandi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Jepara.

Mengenai hal itu, dalam masa transisi, terbangunnya ekosistem melek digital sangat penting. Terkait dalam konteks kearsipan, harus terwujud indikator penciptaan arsip digital, pengelolaan arsip digital, dan layanan arsip digital.

“Pemerintah Kabupaten Jepara telah berkomitmen dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan kearsipan. Utamanya, mempersiapkan diri menuju transformasi digital kearsipan, untuk mewujudkan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik),” ungkap Zita.

Lihat juga: Prabowo Subianto Sebut Presiden Jokowi Bertekad Miliki Pertahanan yang Kuat

Kemudian, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko mengatakan, pada bulan ini, sudah 10 perangkat daerah yang telah melakukan uji coba penggunaan aplikasi Srikandi. Oleh karena itu, dia meminta untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh.

“Supaya pemanfaatan aplikasi ini tidak main-main. Karena mulai tata usaha sampai kepala perangkat daerah, membubuhkan paraf hingga tanda tangan. Kalau di antara tingkatan ini ada satu saja yang tidak bisa, pasti macet,” jelas Sekda Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko.

Maka dari itu, Sekda meminta kepada pihak Dinas Komunikasi dan Informatika segera memastikan penyediaan bandwidth dalam kapasitas cukup, agar sistem dapat berjalan dengan lancar.

Simak juga: Prabowo Pimpin Langsung Demonstrasi Kopasgat TNI AU di Bandung

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close