Politik

Survei Polstat: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Ganjar-Anies Beda Tipis

BIMATA.ID, Jakarta – Political Statistics (Polstat) merilis hasil survei elektabilitas bakal calon presiden di Pilpres 2024. Survei ini dilaksanakan pada Februari 2023.

Berdasarkan hasil survei Polstat, elektabilitas Prabowo Subianto tertinggi dibanding capres lain seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Polstast melakukan simulasi pertanyaan tertutup dengan menunjukkan 10 nama tokoh yang berpotensial menjadi capres di Pilpres 2024.

“Hasil survei Polstat menunjukkan, jika Pilpres dilaksanakan saat ini Prabowo Subianto dipilih oleh 33 persen responden,” kata peneliti Polstat, Apna Permana dalam paparan hasil surveinya secara daring, Rabu (22/2/2023).

Sementara, elektabilitas Ganjar Pranowo dengan Anies Baswedan bersaing ketat. Ganjar memperoleh elektabilitas sebesar 20,6 persen dan Anies Baswedan sebesar 19,4 perse.

Terpaut jauh di peringkat keempat, di tempati oleh Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 6,4 persen. Disusul, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 3,5 persen dan Erick Thohir sebesar 3,4 persen.

“Capres-capres lain elektabilitasnya cenderung mandeg bahkan menurun, mengingat pilihan publik telah semakin mengkristal kepada Prabowo, Ganjar dan Anies,” ujarnya.

Diketahui, survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka ini diselenggarakan pada 10-18 Februari 2023.

Sebanyak 1.220 responden dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling di 34 provinsi.

Margin of error yang diterapkan dalam survei ini sebesar ±2,8 persen, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close