BeritaEkonomiEnergiRegional

Setelah Dubes Korsel, Kini Ganjar Terima Kunjungan Dubes Norwegia

BIMATA.ID, Semarang – Setelah disambangi Duta Besar Korea Selatan (Dubes Korsel) kemarin, sekarang Gubernur Jawa Tengah (Jateng) menerima kunjungan Dubes Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin mendatanginya di rumah dinasnya, pada Kamis (16/2/2023).

Diketahui, keduanya dalam pertemuan tersebut, terkait perbincangan mengenai tantangan antar kedua negara. Sehingga, menjadi potensi kerjasama dalam hal transisi energi.

Rut Kruger Giverin mengatakan, ia mengakui dirinya senang ketika bertemu Ganjar Pranowo, menurutnya, perjumpaan ini sudah lama menantikannya, lalu, Rut, juga mengakui sering melihat kegiatan Gubernur Jateng itu melalui media sosial (medsos).

Baca juga: Pedagang Ikan dan Nelayan Sumut Harap Prabowo Jadi Presiden

“Saya ikut media sosial Bapak, saya lihat Bapak sangat aktif. Perhatian dan peduli pada hal-hal seperti pesantren, pasar, anak-anak. Menarik sekali,” ucap Rut, Kamis (16/02/2023).

Selain itu, dalam pertemuannya, Rut juga membahas potensi kerjasama yang bisa dilakukan, mengenai, keprihatinannya pada coastal area di Jateng. Rut melihat pada kawasan laut di Jateng khususnya di Kota Semarang tidak memiliki fasilitas daerah pesisir yang cukup memadai.

“Banyak kesempatan untuk perusahaan Norwegia di sini bisa membantu atau ada teknologi yang sangat menarik diterapkan di sini, contohnya solar di laut. Karena Norwegia punya banyak pengalaman tentang teknologi instalasi di laut,” ungkap Rut.

Lihat juga: Didukung JoMan, Prabowo Makin Optimis Jadi Suksesor Jokowi

Sambungnya, ia menilai kawasan Jateng sebenarnya cukup mampu untuk memulai transisi energi, maka dari itu, Rut menawarkan kerjasama ini, sebab, di negaranya banyak sekali perusahaan dan teknologi yang bisa diterapkan.

“Banyak kesempatan untuk perusahaan Norwegia di sini bisa membantu atau ada teknologi yang sangat menarik diterapkan di sini, contohnya solar di laut. Karena Norwegia punya banyak pengalaman tentang teknologi instalasi di laut,” jelas Rut.

Mengenai hal itu, Ganjar memberi tanggapan, dirinya mengakui siap menjajaki kerjasama di bidang transisi energi. Dia menilai Norwegia cukup mempunyai pengalaman terkait soal itu.

Simak juga: Resmikan Posko, DPC Jakarta Barat Siap Galang Dukungan Pedagang untuk Prabowo Presiden

“Hari ini kami bertemu untuk menjajaki kerja sama antara Indonesia dengan Norway wabilkhusus yang di Jawa Tengah,” kata Ganjar.

Untuk diketahui, selain transisi energi, Ganjar juga terbuka pada kerjasama di sektor perbaikan lingkungan di coastal area, mangrove hingga waste management.

Selengkapnya: Hari Ini Rombongan Relawan Jokowi Mania Temui Prabowo Subianto untuk Dukungan di Pilpres 2024

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close