BeritaHeadlineInternasionalNasionalPeristiwaPolitikUmum

Prabowo Subianto Sapa Relawan Kemanusiaan yang Mengiringi Bantuan Ke Turki-Suriah

BIMATA.ID, JAKARTA — Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo bersama Kepala BNPB Suharyanto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Panglima TNI Yudo Margono,Wakil Menteri Kesehatan dan Kepala Basarnas dari BaseOps melepaskan bantuan kemanusiaan ke Turki dan Suriah.

Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Indonesia kepada dua negara yang diguncang gempa bumi M 7.8 pada 6 Februari 2023, yang mengakibatkan ribuan masyarakat yang meninggal dunia, luka-luka dan kehilangan tempat tinggal.

BACA JUGA: Prabowo Bersama Anak Buah Nobar Film Adagium, Cerita Nasionalisme Besutan Rizal Mantovani

Bantuan kemanusiaan ini merupakan tahap ketiga yang dikirimkan ke Turki dan Suriah dilepas secara simbolis oleh Presiden RI Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (22/02/2023).

Prabowo Subianto terlihat menyapa dan berbincang dengan relawan kemanusiaan baik dari dalam negeri maupun pejabat dari perwakilan negara Turki dan Suriah yang hadir dalam pelepasan bantuan berupa bahan makanan dan logistik dengan total 140 ton.

Selanjutnya Prabowo Subianto juga berbicara dengan Presiden Joko Widodo sebelum memberikan keterangan pers kepada awak media.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Perbantukan Pesawat Hercules C-130 untuk Penanggulangan Bencana di Turki

Dalam keteranganya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa bantuan yang dikirimkan pada tahap ketiga ini adalah bentuk diplomasi kemanusiaan sebagai wujud kepedulian dari seluruh rakyat Indonesia kepada Pemerintah Turki dan Suriah.

“Diplomasi kemanusiaan terus menerus dilakukan oleh negara kita Indonesia. Dan pada pagi hari ini kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turki dan ke Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan logistik lainnya yang sangat diperlukan di sana,” kata Presiden Jokowi

Seperti diketahui bahwa bantuan tahap pertama adalah tim Middle Urban Search and Rescue (MUSAR) berjumlah 47 personel dan tim pendamping dari BNPB 15 orang serta dari Kementerian Luar Negeri RI sehingga total personel keseluruhan adalah 62 orang.

BACA JUGA: Resmikan Sumur Air Bersih Di Lombok, Prabowo Bagikan Puzzle Peta Indonesia ke Anak-anak

Selain tim MUSAR, pada tahap pertama juga dikirimkan bantuan logistik sebanyak 5 ton.
Kemudian untuk tahap kedua, Pemerintah Indonesia telah mengirimkan tim Emergency Medical Team (EMT) sebanyak 119 personel.

Selain tim darurat kesehatan, pada tahap kedua juga dikirimkan obat-obatan, alat kesehatan darurat lapangan beserta perlengkapan rumah sakit lapangan.

“Sebelumnya juga telah kita kirim tim SAR dan tim medis serta rumah sakit lapangan plus pesawat hercules yang sangat membantu pada awal-awal evakuasi korban-korban bencana gempa yang terjadi di Turkiye maupun yang di Suriah,” ungkapnya.

BACA JUGA: Didukung JoMan, Prabowo Makin Optimis Jadi Suksesor Jokowi

Lebih lanjut, Kepala Negara berharap dengan dukungan yang dikirimkan tersebut nantinya dapat meringankan beban bagi warga Turki dan Suriah yang terdampak gempa bumi.

“Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang di sana,” tuturnya

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close