BeritaHukumRegional

Polisi Amankan Dua Tersangka Perusak Bus Arema FC

BIMATA.ID, Seleman – Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadir Reskrimum) Polda DIY, AKBP K. Tri Panungko mengatakan berhasil amankan dua orang pelaku perusakan bus Arema FC di Kabupaten Sleman, Mereka diduga menjadi pelaku pelemparan batu dan benda lain usai laga PSS Sleman melawan Arema FC pada 26 Januari 2023 lalu.

“yang ditangkap yakni BN, 22 dan NR, 19, Ada beberapa sudut kaca bus pecah dan retak. Pemain dan ofisial Arema FC ada terkena lemparan batu,” katanya, Rabu (01/02/2023).

Dia menjelaskan peristiwa itu terjadi sekitar 19.30 WIB setelah PSS Sleman menang 2-0 atas Arema FC. Bus tersebut sedianya segera meninggalkan Stadion Maguwoharjo menuju penginapan. Sayang, perusakan tak terhindarkan dan terjadi di kawasan Stadion Maguwoharjo tersebut.

Baca Juga : Dasco Respon Perjanjian Politik antara Prabowo, Anies-Sandiaga

“Usai pertandingan, sewaktu pemain dan ofisial (Arema FC) naik bus dan sudah berjalan di sekitar stadion, terjadi pelemparan yang mengakibatkan kerusakan bus tersebut,” ucapnya.

Hasil sementara penyidikan, dua terduga pelaku yang merupakan suporter itu mengaku kecewa dengan Arema FC. Klub yang identik warna biru itu disebut harus mundur dari Liga 1 musim ini usai tragedi maut Kanjuruhan tahun lalu.

“Motifnya, pelau merasa kecewa terhadap Arema FC yang tak mau mengundurkan diri dari Liga 1 sehingga liga-liga tertunda. Suporter dilarang masuk stadion, Liga 2 dan Liga 3 dihentikan,” jelasnya.

Cek Juga : Prof Asrinaldi : Suara Prabowo di Tanah Minang Sulit Dipindahkan ke Anies

Atas kasus tersebut polisi menyita sejumlah barang bukti, seperti jaket hoodie milik terduga pelaku, celana jeans, dan gawai. Selain itu, ada bambu, batu, dan konblok yang dipakai untuk merusak bus Arema FC.

Polisi menjerat keduanya dengan pasal 170 KUHP dan 406 KUHP yang ancaman pidananya paling lama 5 tahun. Kemudian juga denda paling banyak Rp4,5 juta.

“Tersangka bisa bertambah. Kami masih terus mendalami dengan kesaksian dan barang bukti. Ada dimungkinkan para pelaku bertambah,” tungkasnya.(oz)

Simak Juga : Tuai Pujian, Prabowo Terima Nasihat dari Warganet

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close