Berita

Mahasiswa Enrekang Demo di Bawaslu Sulsel Desakk Copot Komisioner Bawaslu Enrekang

MAKASSAR – Aliansi Peduli Demokrasi Massenrempulu (APDM) melakukan aksi Demonstrasi di Bawaslu Provinsi Sulawesi selatan terkait bobroknya proses rekrutmen Panwas Desa/Kelurahan di Kabupaten Enrekang, Rabu 8 Februari 2023.

Proses rekrutmen dinilai sarat akan dugaan nepotisme dan pelanggaran lainnya terkait UU Pemilu No 7 Tahun 2017 tentang Pengangkatan Panwas Desa/kelurahan.

“Proses rekrutmen panwas desa/kelurahan di kabupaten enrekang khususnya kecamatan baraka berdasarkan hasil investigasi kami ada dugaan panwas desa yang diloloskan di Kecamatan Baraka terafiliasi partai politik,” ungkap Koordinator aksi, Fadli.

Fadli menambahkan, juga dugaan terjadinya nepotisme karena meloloskan panwas desa yang baru sekitar 3 tahun berdomisili di kelurahan Tomenawa dan mengabaikan prinsip kearifan lokal.

“Sebab ada 7 orang pendaftar yang jelas-jelas lahir dan besar dikelurahan tomenawa namun panwaslu kecamatan baraka malah meloloskan yang baru 3 tahun berdomisli dikelurahan itu,” terangnya.

“Jadi kuat dugaan ada nepotisme yang terjadi dibalik semua itu sehingga kami mendesak bawaslu Provinsi untuk mencopot Panwaslu Kecamatan Baraka dan Bawaslu Kabupaten Enrekang atas hal itu,“ tegasnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Provinsi Sulsel yang di temui dalam Audiensi dengan massa aksi menyampaikan akan menelusuri dan akan memanggil Bawaslu Kabupaten Enrekang dan Panwaslu Kecamatan Baraka.

“Aspirasi yang disampaikan oleh Aliansi Peduli demokrasi Massenrempulu akan ditindaklanjuti,” ungkap Asradi Komisioner Bawaslu Provinsi Sulsel.

Berikut tuntutan massa aksi mahasiswa Kabupaten Enrekang:

1. Copot Komisioner Bawaslu Kab. Enrekang
2. Copot Panwalu Kecamatan Baraka
3. Usut Tuntas Dugaan Nepotisme dan pelanggaran UU Pemilu dalam Perekrutan Panwas Desa/Kelurahan di Kab. Enrekang
4. Wujudkan Demokrasi yang jujur dan bersih di Kab. Enrekang

List Organ yang tergabung dalam Aliansi Peduli Demokrasi Massenrempulu
1. HPMM Cab. Baraka
2. HPMM Kom. UNM
3. HPMM Cab. Enrekang Utara
4. HPMM Cab. Buntu Batu Mario
5. HPMM Cab. Curio Utara
6. HPMM Kom. Stimik DIPA
7. HPMM Kom. Poltekes
8. KAWALI

(**)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close