EkonomiRegionalUMKM

Kolaborasi Dinas Koperasi Aceh dan Jateng

BIMATA.ID, Jawa Tengah – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Aceh menjalin kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah (Jateng), dalam hal pembinaan dan pengembangan koperasi dan UMKM.

Diketahui, Perjanjian Kerja Sama (PKS) itu ditandatangani Kadis Koperasi dan UKM Aceh, Azhari SAg MSi dengan Kadis Koperasi dan UKM Jateng, Dra Ema Rachmawati M Hum, di Kantor Kadis Koperasi dan UKM Jawa Tengah, pada Rabu (22/02/2023).

Mengenai hal itu, Saiful Bahri mengatakan, ada tujuh ruang lingkup dalam kerjasama tersebut, yaitu mengenai penguatan kelembagaan dan pengawasan, optimalisasi, fasilitasi pengembangan akses pemasaran dan promosi produk.

Baca juga: Anak Buah Prabowo Minta Pemerintah Segera Atasi Kelangkaan Minyakita

Sambungnya, pengembangan dan pendampingan kewirausahaan serta keunggulan kompetitif, peningkatan prasarana pemasaran melalui penyediaan pasar tematik dan digital dan/atau outlet-outlet penjualan.

Selain itu, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), optimalisasi dan fasilitas kemitraan. Ketujuh, hingga, bidang-bidang lainnya yang disepakati para pihak.

Maka dari itu, tujuh ruang lingkup tersebut, akan diimplementasikan pada tahun ini, seperti promosi produk koperasi dan UKM Aceh di setiap pergelaran pameran atau event di Jateng.

Lihat juga: Prabowo Pamerkan Inovasi Industri Pertahanan Karya Anak Bangsa di Kancah Internasional

“Pelaku usaha UMKM dari Aceh yang membutuhkan pemagangan untuk meningkatkan SDM agar dapat mengembangkan usahanya, kita kirim ke Jawa Tengah,” jelas Saiful Bahri dalam keterangannya, Selasa, (22/02/2023).

Kemudian, Kadis Koperasi dan UKM Aceh Azhari SAg MSi menjelaskan, kerjasama ini dilakukan guna penguatan kelembagaan koperasi dan UMKM, sehingga, dapat meningkatkan SDM, dan promosi.

Lanjutnya, kolaborasi ini akan memberikan dampak yang luas bagi pemasaran produk – produk UMKM dari Aceh keluar daerah, serta, produk Jateng yang pasarnya besar di Aceh dapat dipasok oleh Koperasi dan UMKM dari Aceh.

Simak juga: Prabowo Boyong Industri Pertahanan Lokal Unjuk Gigi di IDEX UEA

Untuk diketahui, penandatangan itu turut disaksikan oleh Kabid Pengawasan dan Pemeriksaan, Aswar S.Hut, MAP, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil, Safaruddin, SE, Kepala Plut KUMKM Aceh, Rosti Maidar, SR, M.Si bersama Saiful Bahri Sub Koordinator Fasilitasi Usaha Kecil.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close