BeritaEkonomiHeadlineNasionalPolitikUmum

Jokowi Targetkan Pembangunan Jalan Tol di IKN Rampung Akhir 2024

BIMATA.ID, Balikpapan- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), pada beberapa waktu lalu.

Terlihat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mendampingi Presiden Jokowi saat melakukan peninjauan tersebut. Dilansir melalui website resmi Kementerian PUPR, pada Jumat (24/02/2023).

Presiden Jokowi menyampaikan harapannya, bahwa pembangunan jalan tol tersebut merupakan infrastruktur yang pertama kali dibangun di dalam IKN.

Baca Juga: Anak Buah Prabowo Minta Pemerintah Segera Atasi Kelangkaan Minyakita

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, infrastruktur ini nantinya akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) guna mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi hanya 30 menit.

“Ini jalan tol dari Balikpapan menuju ke Kawasan Inti IKN yang jaraknya kurang lebih 50-an kilometer (km) dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dari Balikpapan sudah berjalan di lapangan, kita bisa lihat. Kita harapkan ini menjadi infrastruktur pertama yang dibangun dalam rangka pembangunan IKN,” Ujar Jokowi.

Jokowi optimis, pekerjaan membangun jalan tol ini akan selesai pada akhir 2024.

“Jalan tol ini InsyaAllah akan diselesaikan pada akhir 2024,” kata Presiden Jokowi.

Cek Juga: Prabowo Pamerkan Inovasi Industri Pertahanan Karya Anak Bangsa di Kancah Internasional

Selain itu, Jokowi Mengingatkan kepada pekerja yang berada di lapangan merupakan berkaitan dengan lingkungan. Sebab konsep kota yang ingin dihadirkan oleh pemerintah pusat di IKN merupakan sebagai kota yang smart, green, beautiful, sustainable, dan berwawasan lingkungan.

“Yang paling penting yang selalu saya ingatkan untuk yang di lapangan adalah berkaitan dengan lingkungan, karena konsep kota yang ingin kita hadirkan di Ibu Kota Nusantara adalah konsep lingkungan. Sehingga sekecil apapun yang berkaitan dengan lingkungan itu harus diperhatikan. Kalau ada yang berkaitan dengan lingkungan tidak diperhatikan, saya pastikan akan saya tegur,” kata Presiden Jokowi.

Simak Juga: Prabowo Boyong Industri Pertahanan Lokal Unjuk Gigi di IDEX UEA

Turut hadir dalam tinjauan tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Junaidi.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close