BeritaEkonomiPertanianRegional

Dalam Kegiatan Panen Raya, Bupati Demak Resmikan Saung Tani

BIMATA.ID, Demak – Bupati Demak Eisti’anah tengah menyaksikan simulasi penggunaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa drone saat menyemprot tanaman padi dilanjutkan dengan menaiki combine harvester dan melaksanakan panen padi di Desa Megonten bersama Kelompok Tani Mudo Karyo Dua, Rabu (15/02/2023).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Agus Herawan menjelaskan, pada kegiatan panen tersebut, merupakan Upsus Pajale (Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedelai) dan merupakan program nasional dalam rangka meningkatkan swasembada pangan terutama di Kabupaten Demak.

“Kegiatan panen ini dilakukan di Kelompok Tani Mudo Karyo Dua dengan luas lahan 91 Ha, sekaligus dilakukan penanaman dengan menggunakan Alsintan Modern. Adapun luas tanaman padi di Kabupaten Demak 40.591 Ha, sedangkan sampai saat ini luas lahan yang sudah dipanen sekitar 22.342 Ha berkisar 50% yang sudah dipanen,” jelas Agus.

Baca juga: Hari Ini Rombongan Relawan Jokowi Mania Temui Prabowo Subianto untuk Dukungan di Pilpres 2024

DIketahui, untuk 2 Kecamatan seperti, Kecamatan Gajah dan Karanganyar telah selesai panen dan untuk Kecamatan Kebonagung masih dalam proses sekitar 50%.

“Semoga apa yang dikhawatirkan terjadinya krisis pangan di tahun ini mudah-mudahan tidak terjadi,” ungkapnya.

Kemudian, Bupati Demak Eisti’anah memaparkan dalam sambutannya, kegiatan panen ini merupakan berkah untuk para petani di Desa Megonten, semoga Panen raya ini diharapkan dapat mendukung pangan di Jawa tengah (Jateng).

Lihat juga: Resmikan Sumur Air Bersih Di Lombok, Prabowo Bagikan Puzzle Peta Indonesia ke Anak-anak

Sambungnya, sehingga resesi pada tahun 2023 yang mengancam dunia tidak terjadi di Indonesia khususnya di Kabupaten Demak.

“Keberhasilan dalam bidang pertanian tidak lepas dari kolaborasi antara sumber daya manusia (SDM) baik pelaku utama maupun pelaku usaha. Oleh karenanya, saya mengajak untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas semua stakeholder untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Eisti’anah dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, Eisti’anah juga mengucapkan terima kasih kepada PT. Maxxi Tani Teknologi Jawa Tengah yang telah mendirikan saung tani di Desa Megonten.

Simak juga: Menhan Prabowo Bagi-Bagi Puzzle Peta Indonesia ke Anak-Anak di Lombok

“Mudah-mudahan saung tani ini dapat membawa kemajuan dan perbaikan di bidang pertanian. Ke depan saya berharap, saung tani semacam ini dapat didirikan di wilayah persawahan lain di Kabupaten Demak,” ucapnya.

Maka dari itu, ia berharap kepada Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, melalui para petugas penyuluh lapangan, untuk meningkatkan peran aktifnya dalam memotivasi petani untuk memanfaatkan teknologi tepat guna dan mekanisasi pertanian dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian.

Selengkapnya: Habiburokhman Jelaskan Ketidakhadiran Prabowo Dalam Rakernas Partai Ummat

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close