Berita

Menko PMK Muhadjir Effendy Menyatakan Pembangunan SDM Jadi Prioritas Tahun 2023

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Pemerintah pada tahun 2023 ini akan memprioritaskan salah satu program Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Pemerintah terus memperkuat program untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing,” katanya, Jumat (06/01/2023)

Muhadjir mengungkapkan bahwa program pembangunan SDM mencakup tiga isu utama, yaitu penurunan angka kemiskinan, prevalensi penurunan stunting, dan revitalisasi vokasi.

“Kami berharap seluruh pemangku kepentingan termasuk dunia pendidikan bisa berperan aktif dan ikut ambil bagian dalam menyukseskan program prioritas SDM,” ucapnya.

Pihaknya juga menyampaikan, usaha pemerintah dalam menangani penghapusan kemiskinan ekstrem dilakukan dengan cara meluncurkan program pengurangan beban pengeluaran masyarakat, program peningkatan pendapatan masyarakat, dan program penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan.

“Program ini tentunya perlu dilakukan melalui gerakan yang dilakukan secara bersama-sama dan melibatkan lintas sektor,” jelasnya.

Kementerian yang dipimpinnya telah mengeluarkan PP Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi sebagai upaya menyiapkan sumber daya manusia unggul, kompeten, produktif, dan berdaya saing.

Muhadjir berharap semua pihak dapat bekerja sama untuk dapat menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing sebagai modal guna mewujudkan Indonesia Maju.

Tulisan terkait

Bimata
Close