Berita

Satgas Covid-19 Menyatakan Tidak Ada Pembatasan saat Libur Nataru 2023

BIMATA.ID, Jakarta – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Pemerintah telah menegaskan tidak ada pembatasan aktivitas selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Namun pelaku perjalanan tetap wajib booster atau vaksinasi Covid-19 dosis ketiga.

“Peraturan pemerintah melalui surat edaran Satgas Nomor 24 untuk pelaku perjalanan dalam negeri dan 25 untuk yang pelaku perjalanan luar negeri. Pada prinsipnya mengharuskan orang sudah booster dan sistem itu sudah terintegrasi dengan sistem PeduliLindungi di tempat-tempat publik, termasuk juga terminal, bandara, pelabuhan, stasiun,” katanya, Senin (19/12/2022).

Pihaknya juga mengatakan dengan mewajibkan booster itu diharapkan terjadinya transmisi penularan Covid-19 antar pelaku perjalanan pada saat libur Nataru bisa dicegah. Mengingat, diperkirakan volume pelaku perjalanan akan meningkat pada saat libur Nataru 2023 mendatang.

“Harapannya kalau masyarakat yang memang sudah memenuhi syarat itu harusnya nggak ada hambatan sama sekali dalam melakukan perjalanan. Tapi tetap diingat masyarakat dalam melakukan perjalanan bukan hanya sekedar sesuai dengan persyaratan vaksinasi tapi dipastikan dalam kondisi sehat,” ucapnya.

Wiku meminta tempat-tempat pengelola wisata juga punya kewajiban untuk menjalankan protokol kesehatan di fasilitasnya mereka masing-masing.

“Salah satunya adalah menerapkan PeduliLindungi untuk skrining orang yang masuk kedalam fasilitas mereka, Jadi sebenarnya kalau mereka melakukan skrining dengan baik dan juga petugasnya di tempat fasilitas mereka juga mengawasi, paling tidak orang yang masuk memang sudah vaksin dengan baik,” jelasnya.

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close