Berita

BPBD Pamekasan Informasikan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem

BIMATA.ID, Pamekasan – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Jawa Timur, Amin Jabir menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpotensi akibatkan angin kencang dan gelombang tinggi sejumlah pesisir pantai di wilayah itu.

“Sesuai rilis yang kami terima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, cuaca ekstrem berpotensi terjadi mulai hari ini hingga 1 Januari 2023,” katanya, Rabu (28/12/2022).

Amin juga menyampaikan BMKG juga memperkirakan terjadi gelombang tinggi antara 2-4 meter di perairan Jawa Timur mulai 28 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

“Karena itu diimbau kepada masyarakat yang bepergian ke luar rumah, khususnya yang berwisata di daerah Pantai Jumiang, Talang Siring serta daerah pantai lainnya agar meningkatkan kewaspadaan,” ucapnya.

Pihak BPBD Pamekasan itu juga menjelaskan cuaca buruk juga menyebabkan jalan nasional di wilayah Pantai Utara Pamekasan ambles, dan merusak 27 unit perahu nelayan di dua desa di Kecamatan Tlanakan, yakni Desa Kramat dan Desa Bandaran.

“Kami memang telah membentuk tim khusus sebagai upaya antisipasi dan gerak cepat apabila terjadi bencana. Akan tetapi, kesadaran masyarakat juga menjadi penting untuk menekan risiko bencana,” jelasnya.

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close