Berita

BMKG Imbau Warga Bintan Waspada Gelombang Laut 3 Meter

BIMATA.ID, Tanjungpinang – Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG)  Tanjungpinang, Hayu Nur Mahron mengumumkan peringatan dini untuk masyarakat Kabupaten Bintan dan wisatawan yang berkunjung ke kawasan pesisir daerah tersebut agar mewaspadai gelombang laut yang mencapai 2,5 hingga 3 meter.

“Kondisi ini diperkirakan menguat pada 29 Desember 2022 hingga awal Januari 2023 dengan ketinggian gelombang laut dapat mencapai 3 meter,” katanya, Selasa  (27/12/2022).

Pihaknya  menjelaskan kondisi cuaca di Bintan diperburuk dengan menguatnya monsun Asia dalam beberapa hari terakhir. Monsun Asia, menurut dia bukan fenomena langka, karena kerap terjadi pada November hingga Maret.

“Monsun Asia sendiri merupakan aliran massa udara dari wilayah Benua Asia ke Australia,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri, Tengku Said Arif Fadillah, mengimbau warga terutama nelayan tradisional yang menggunakan kapal kecil untuk mewaspadai musim angin utara.

“Arus laut sangat kuat dan gelombang laut bisa mencapai 3-6 meter, terutama di perbatasan Bintan dengan Malaysia sehingga harus waspada,” jelasnya.

Tulisan terkait

Bimata
Close