BeritaNasionalPolitik

Jadi Capres di Musra III Kalahkan Prabowo hingga Ganjar, Sandiaga: Terima Kasih

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno terpilih sebagai Calon Presiden (Capres) dalam Musyawarah Rakyat Indonesia (Musra) III yang digelar di Riau. Sandiaga mengalahkan nama-nama unggulan dalam berbagai hasil survei Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam forum tersebut, Sandiaga Uno meraih sebanyak 624 suara atau 23,48 persen. Lalu, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto menyusul dengan meraih sebanyak 518 suara atau 19,51 persen.

Kemudian pada posisi ketiga, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan perolehan sebanyak 507 suara atau 19,09 persen.

Terkait hal tersebut, Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak. Menurutnya, alasan dirinya terpilih sebagai Capres 2024 dalam Musra III karena beragam pertimbangan.

Salah satunya karena latar belakang Sandiaga Uno yang merupakan Putra Riau. Selain itu, alasan lainnya adalah kinerjanya selama menjadi Menparekraf RI yang berdampak positif pada pemulihan ekonomi masyarakat.

“Sebagai kelahiran Riau, saya tentunya mengucapkan terima kasih. Tentunya ini merupakan bagian daripada dinamika perpolitikan yang menjadi masukan para pengambil kebijakan,” ujar Sandiaga Uno di Voffice Headquarter Indonesia, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (27/10/2022).

Kendati demikian, ia belum mau bicara banyak doal kansnya maju dalam Pilpres. Sebab, hal ini sepenuhnya merupakan otoritas partai politik.

Sesuai dengan aturan presidential threshold terkait pengaturan tentang syarat pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, dijelaskan dalam Pasal 6A ayat (2) UU Pemilu yang menyatakan pasangan Capres dan Cawapres diusulkan oleh partai politik ataupun gabungan partai politik peserta pemilu.

“Pengambil kebijakan itu adalah partai politik, dan partai politik ini akan mengambil kebijakan sekitar satu tahun dari sekarang-bulan Oktober (2023), di mana nanti setelah tentunya penuh dengan pertimbangan, diskursus, dan sebagainya, tentunya akan ditetapkan calon yang paling diharapkan oleh masyarakat,” ungkap Sandiaga Uno.

“Tentunya dinamika yang kita harus apresiasi dan saya fokus kepada tugas saya di kementerian, saya pastikan kebangkitan ekonomi kita ini terjaga dengan baik untuk bangkit dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja.”

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close