Berita

BNPB Minta Masyarakat Dataran Rendah Waspada Potensi Cuaca Ekstrim

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengimbau kepada masyarakat untuk segera mengungsi jika terjadi hujan lebih dari 1 jam dan jarak pandang 50 meter. Hal ini bisa menjadi tanda akan terjadinya banjir bandang.

“Masyarakat di sekitar lereng, dataran rendah jika terjadi hujan lebih dari 1 jam, saya ulangi kalau hujan berturut-turut lebih dari 1 jam. Kemudian jarak pandang 50 cm tidak terlihat itu sudah merupakan tanda-tanda akan terjadinya banjir bandang atau akan terjadinya air dari hulu menuju hilir,” katanya, Senin (10/10/2022).

Pihaknya juga meminta agar TNI Polri menjadi garda terdepan yang sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat menghadapi kondisi-kondisi siaga, kondisi-kondisi menghadapi bencana.

“(TNI/Polri) harus meningkatkan patroli dan operasi khususnya di daerah-daerah masyarakat yang tinggal di pinggir sungai,” ucapnya.

Suharyanto mengatakan BPBD juga tidak bisa bekerja sendiri dalam menghadapi bencana. Semua pihak diminta ikut terlibat bahu-membahu mengantisipasi banjir.

“Jangankan BPBD, unsur-unsur yang mempunyai personil yang banyak pun misalnya seperti TNI-Polri itu pun tidak akan bisa bekerja sendiri sehingga perlu ditingkatkan koordinasi secara sinergis,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close