BeritaHukumRegional

Polres Sleman Resmi Alami Perubahan Tipe jadi Polresta

BIMATA.ID, DIY – Kini, Kepolisian Resor (Polres) Sleman resmi mengalami perubahan tipe menjadi Polresta Sleman. Pengukuhan perubahan tipe itu diresmikan langsung oleh Kapolda DI Yogyakarta (DIY), Irjen Pol Asep Suhendar, pada Rabu, 28 September 2022.

Kenaikan tipologi tersebut berdasarkan surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia (RI) Nomor: B/802/M.KT.01/2022 tanggal 4 Agustus 2022.

Lalu, dikuatkan dengan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Nomor: Kep/1156/VIII/2022 tanggal 30 Agustus 2022.

“Sleman adalah wilayah yang sangat padat dengan pertumbuhan penduduknya yang cepat, perkembangan dinamika kejahatan cukup tinggi,” ucap Irjen Pol Suhendar.

Irjen Pol Suhendar menjelaskan, hal itu akan memberikan tantangan cukup signifikan terhadap situasi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sleman.

Lebih lanjut, Irjen Pol Suhendar menyampaikan, sedikitnya ada sembilan dimensi dan 48 indikator perubahan yang menjadi pertimbangan peningkatan tipologi tersebut. Sembilan dimensi itu adalah geografis, demografis, sumber daya alam, ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya Harkamtibmas, serta kemampuan kesatuan.

Irjen Pol Suhendar mengungkapkan, peningkatan tipe tersebut tentu bakal membawa konsekuensi tugas dan tanggung jawab yang lebih tinggi.

“Dengan harapan, agar seluruh personel yang bertugas di Polresta Sleman mampu meningkatkan semangat dan kinerjanya. Sehingga, kualitas pelayanan kepada masyarakat makin baik dan meningkat,” ungkapnya.

Untuk menjawab tantangan itu, Kapolda DIY ini juga meminta bawahannya agar menjalin sinergi dengan Forkopimda Kabupaten Sleman.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close