BeritaHukumNasionalPolitik

Menhan Prabowo Berikan Pistol Produksi PT Pindad ke Tiga Kepala Staf TNI

BIMATA.ID, Jabar – Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto, memberikan pistol produksi PT Pindad (Persero) sebagai cendera mata sekaligus tanda apresiasi kepada tiga kepala staf Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Pistol itu diberikan Prabowo kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Adapun pemberian pistol tersebut dilakukan sebelum Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) TNI Tahun Anggaran 2022, yang diselenggarakan di Lapangan Terbang Suparlan, Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus Kopassus, Bandung, Jawa Barat (Jabar), Kamis, 8 September 2022.

Pistol cendera mata itu adalah G2 Elite berwarna silver dan hitam. G2 Elite merupakan salah satu pistol produksi PT Pindad (Persero) dengan kaliber 9×19 mm parabellum.

Diketahui, pistol tersebut memiliki magazen atau tempat penyimpanan dan pengisian amunisi yang mampu menampung 15 butir peluru. Selain itu, pistol G20 Elite juga memiliki keunggulan berupa pisir belakang yang dapat disesuaikan (adjustable).

Terkait Upacara Penetapan Komcad TNI Tahun Anggaran 2022, kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin. Wapres RI menetapkan Komcad TNI Tahun Anggaran 2022 yang diikuti oleh sebanyak 2.974 orang.

Pada laporannya kepada Wapres Ma’ruf saat upacara, Prabowo menyampaikan, pembentukan Komcad TNI merupakan amanat Pasal 27 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Selain itu, Pasal 30 UUD NRI 1945 yang mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak serta wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Lalu, Undang-Undang (UU) RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dan UU RI Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara yang mengamanatkan pembentukan Komcad dari unsur warga negara melalui tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran, dan penetapan.

Pembentukan Komcad TNI Tahun Anggaran 2022 dimulai dengan tahapan pendaftaran secara sukarela pada tanggal 1 Maret sampai dengan 8 Mei 2022. Kemudian seleksi pada tanggal 9 hingga 27 Mei 2022, pendidikan latihan dasar kemiliteran (Latsarmil) pada tanggal 30 Mei sampai dengan 27 Agustus 2022, dan penetapan pada tanggal 8 September 2022.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close