BeritaRegional

Pemkab Kabupaten Garut Adakan Event Bursa Kerja Setiap Tiga Bulan Sekali

BIMATA,ID, Garut – Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut Erna Sugiarti saat acara Job Fair 2023 di Pendopo Garut, Provinsi Jawa Barat pada Minggu 19 Februari 2023 mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah menjanjikan kegiatan bursa kerja yang akan diselenggarakan selama tiga bulan sekali dengan bekerja sama sejumlah pihak perusahaan untuk memudahkan masyarakat dalam mencari kerja dan mengurangi jumlah pengangguran.

“Kita mengadakan job fair ini tiga bulan sekali, insya Allah nanti setelah Lebaran yang bertepatan dengan kelulusan kelas 12 (SMA), kita akan mendatangkan lagi lebih dari ini perusahaan-perusahaan,” kata Erna, dikutip dari antara, Senin (20/02/2023).

Baca Juga: Prabowo Bersama Anak Buah Nobar Film Adagium, Cerita Nasionalisme Besutan Rizal Mantovani

Erna mengatakan, Disnakertrans Kabupaten Garut memiliki program Gerakan Tenaga Kerja Berkarya (Gentra Karya) yang melibatkan semua unsur instansi pemerintahan, perusahaan dan media untuk mengadakan kegiatan bursa kerja yang terbuka bagi masyarakat luas.

“Gentra Karya ini menjadi bagian solusi untuk menurunkan angka pengangguran, jadi kami menyajikan info-info lowongan kerja baik secara online maupun offline,” ucapnya.

Erna menyampaikan, pada bertepatan hari jadi ke-210 Kabupaten Garut menyelenggarakan bursa selama dua hari yang memudahkan masyarakat untuk mencari pekerjaan sesuai dengan keahliannya.

Tercatat, sudah ada 4.700 masyarakat yang mendaftar di Gentra Karya 2023 dan menyerahkan lamaran kerja ke perusahaan yang bekerja sama dengan acara tersebut. 

Erna mengungkapkan, kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat dan perusahaan yang bergerak di sektor bisnis dengan adanya acara bursa kerja.

Apalagi lanjut Erna, Pemerintah Daerah sudah mengalokasikan anggaran untuk menunjang kegiatan bursa kerja tersebut, sehingga setiap pelaksana tidak dipungut biaya dan setiap orang yang menunggu di setiap stan perusahaan diberi makan dan minum.

“Fasilitas ini dari APBD gratis ya tidak dipungut biaya, kemudian kita juga berikan untuk makan dan minumnya untuk yang menunggu di stannya masing-masing,” ujarnya.

Simak Juga : Don Muzakir Minta DPC PAPERA Garut Kuasai Suara Pedagang Dukung Prabowo

Erna mengingatkan kepada masyarakat yang mencari kerja untuk membuat kartu angkatan kerja atau biasa kita kenal dengan nama kartu kuning, hal itu dilakukan untuk persyaratan akses aplikasi Gentra Karya yang menyajikan informasi lowongan kerja baik didalam mapun diluar negeri.

“Buatlah kartu angkatan kerja, sehingga bisa mengakses aplikasi Gentra Karya ini, jadi kalau offline yang tidak ada, lowongan kerja itu di aplikasi Gentra Karya ini terus ada di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close