Berita

Dinkes Jawa Tengah Minta Masyarakat Waspada Kasus DBD terus Meningkat

BIMATA.ID, Blora – Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P Dinkes) Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Joko Budi Heri Santoso minta masyarakat waspadai dalam perubahan cuaca yang mengakibatkan meningkatnya jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) untuk menekan kasus ini program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) terus dilakukan.

“Dalam kurun waktu tahun 2022, sudah terdapat 336 orang terserang DBD dan 10 orang meninggal dunia, Ada peningkatan kasus sebanyak 45 orang, ini berdasarkan data pasien DBD dirawat di beberapa rumah sakit di Kabupaten Blora,” katanya, Jumat (16/09/2022).

Pihaknya juga menjelaskan di Kota Semarang tercatat hingga bulan Agustus lalu terdapat 644 orang selamat dan 28 orang meninggal dunia.

“Sebagian besar kasus DBD menyerang anak-anak,” ucapnya.

Berdasarkan data Dinkes kasus tertinggi di Kota Semarang terjadi di Kecamatan Tembalang, yakni 91 kasus, disusul Banyumanik 78 kasus, Ngaliyan 76 kasus, Semarang Barat 56 kasus, Pedurungan 57 kasus dan Semarang Utara 56 kasus dengan rata-rata belasan orang terkena DBD per pekan.

“Saya minta segera dilakukan penyemprotan secara massal dan warga tetap waspada dengan lakukan 3M serta hubungi call center 112 jika ada warga terserang DBD membutuhkan pertolongan cepat,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close