BeritaEkonomiNasionalRegionalUMKMUmum

Komitmen Pemerintah Dalam Mendorong UMKM di Papua

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan, Pemerintah terus berkomitmen mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah/Ultra Mikro (UMKM/UMi) lokal Papua agar tumbuh dan berkembang. Demikian ditegaskan dalam sambutannya secara virtual di puncak acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tema “Binar Digital Papua” di GOR Cenderawasih, Jayapura, Papua.

Tanah Papua yang membujur di kawasan paling timur Indonesia, dipandang Johnny menyimpan berbagai keindahan alam dan kekayaan budaya yang memesona.

Kondisi tersebut menjadikan Papua menyimpan banyak potensi yang dapat menjadi unggulan dalam bidang fesyen, kuliner, dan kriya.

“Di tengah momentum pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai angka 5,44 persen (year on year/yoy) di kuartal dua tahun ini, UMKM/UMi perlu terus didorong pertumbuhannya,” ujar Johnny.

Kondisi ini pulalah yang mendorong pemerintah memilih Kota Jayapura sebagai tuan rumah Puncak Bangga Buatan Indonesia bertajuk “Binar Digital Papua”.

Gelaran kegiatan tersebut pun akan mendorong pelaku UMKM/UMi di Papua tetap adaptif di era pandemi saat ini.

“Sejak Mei 2020, Bapak Presiden Joko Widodo meresmikan Gernas BBI yang merupakan wujud dukungan Pemerintah terhadap produk dalam negeri, terkhusus produk-produk hasil UMKM/UMi agar mampu bersaing di masa pandemi COVID-19,” ungkap Menkominfo.

Karena itulah, Menkominfo menegaskan Gernas BBI memiliki misi untuk mendorong penguatan branding dan pemanfaatan teknologi digital bagi produk-produk UMKM dalam negeri.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close