Berita

Komisi Tiga DPR Pertanyakan Tugas Kompolnas Dalam Kasus Tewasnya Brigadir J

BIMATA.ID, Jakarta – Saat menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama LPSK, Kompolnas dan Komnas HAM Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) asal Partai Gerindra, Desmond J Mahesa mempertanyakan, tugas Kompolnas dalam penanganan kasus penembakan Brigadir J dengan tersangka Fredy Sambo.

“Tugas kompolnas itu apa sih sebenarnya?,” katanya, Senin (22/08/2022).

Ketua Kompolnas Mahfud MD menjelaskan, tugas Kompolnas ikut mengawasi dan memberikan rekomendasi dalam kasus yang sedang ditangani. Sebab, Kompolnas merupakan mitra Mabes Polri.

“Kompolnas itu pengawas eksternal Polri. Jadi dia mitra. Saya waktu ketemu pertama sebagai kompolnas saya bilang ke Kapolri saya tidak akan menjadi seperti pengawas dulu seperti itu. Kita kerja sama saja kalau kita punya masukan kita sampaikan. Itu sejak awal Kapolri dilantik saya bilang begitu. Kami tempatkan diri sebagai mitra,” jelas Mahfud.

Desmond pun kembali bertanya, apakah pengawasan dan rekomendasi yang diberikan Kompolnas direspon oleh Kapolri. Dia pun menyinggung soal kasus KM 50.

“Pak, Kalau posisi sebagai mitra, apa bedanya dengan DPR? Sama saja,” ucap Desmond.

“Sebenarnya Kompolnas ini perlu enggak? Kalau kapasitas cuma jadi jubir sepeti itu yang tidak perlu ada Kompolnas. Kasus KM 50 gimana? Bapak pernah bikin catatan itu kepada kepolisian?,” sambungnya.

Mahfud pun mengakui, bahwa kalau rekomendasi yang diberikan pihaknya kepada Kapolri banyak yang mendapatkan respons. Termasuk, kasus KM 50.

“Saya pernah kirim surat langsung (ke Kapolri). Itu urusan kapolri. Saya pernah sebagai Menko Polhukam, ketua kompolnas, ini hasil penyidikan tindak lanjuti. Resmi pak tertulis pak,” papar Mahfud.

Desmond pun meminta agar Kompolnas dan Kapolri dapat bekerjasama. Sehingga setiap kasus yang tengah ditangani dapat terungkap secara jelas.

“Yang saya tanya tugas bapak itu direspons enggak? Kalau tidak direspons maka tidak perlu ada Kompolnas. Kalau direspons berarti ada kompolnas. Polri semakin maju. Kan begitu Pak. Kita kan bernegara. Bukan menang-menangan,” imbuh Desmond.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close