BeritaKomunitasNasionalOlahragaPeristiwa

Dukung Kelancaran ASEAN Para Games, Pemerintah Akan Sediakan 130 Bus Khusus Untuk Atlet

BIMATA.ID, Solo- Dalam mendukung kelancaran akomodasi transportasi atlet ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Kota Solo 30 Juli–7 Agustus tak luput dari perhatian pemerintah pusat, yakni dengan menyiapkan 130 armada bus khusus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 65 armada dikhususkan bagi atlet dengan kursi roda.

“Sudah saya hitung. Insya Allah bisa mencukupi dengan jumlah atlet yang datang ke Solo,” terang Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno saat berkunjung ke Terminal Tirtonadi, Senin (11/07/2022).

Untuk 65 unit bus lainnya, lanjutnya, digunakan atlet tanpa kursi roda. Ratusan unit bus tersebut memfasilitas mobilitas atlet mulai dari Bandara Internasional Adi Soemarmo, masuk hotel, acara pembukaan, pertandingan, sampai penutupan APG.

Sementara itu, siang kemarin, sejumlah penyandang disabilitas melakukan uji coba menaiki bus atlet APG. Kegiatan tersebut memberikan kesempatan memberikan masukan demi kenyamanan atlet.

“Kendaraan yang kami siapkan tentunya ramah dengan disabilitas,” tutur Hendro.

Di lain sisi, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta Hari Prihatno mengintensifkan koordinasi dengan panitia APG terkait kepastian jumlah atlet dan mereka yang memakai kursi roda.

Itu guna memastikan kebutuhan bus. “Hari ini (kemarin) datanya baru masuk. Masih kami hitung (jumlah atlet). Besok (hari ini) rapat lagi. Jadi (kondisi) masih dinamis, soalnya harus kroscek berapa jumlah pasti atlet dan kebutuhannya,” ungkap dia.

Terkait penyiapan bus cadangan, Hari menyebut tersedia dua unit armada Batik Solo Trans (BST).

Selain transportasi, persiapan Stadion Manahan sebagai venue APG terus dimantapkan. Di antaranya melakukan sterilisasi dari berbagai kegiatan mulai 25 Juli. Untuk lokasi lainnya, ketika diperlukan perbaikan, harus rampung 15 Juli atau dua pekan sebelum APG.

“Untuk Stadion Manahan tidak ada perbaikan. Perbaikannya di Lapangan Tenis Manahan, Stadion Sriwedari, dan Lapangan Kottabarat. Saat ini persiapannya sudah 83 persen. Targetnya 15 Juli harus sudah selesai,” terang Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta Joni Hari Sumantri, belum lama ini.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close