Regional

Alokasikan Rp18 Miliar, Pemprov Sulsel Bakal Bangun Jembatan Baru di CPI

BIMATA.ID, Makassar – Pemprov Sulsel akan membangun jembatan baru di kawasan reklamasi Center Point of Indonesia (CPI).

Jembatan baru ini akan menghubungkan pusat twin tower dan sisi utara CPI. Ini akan jadi spot baru di kawasan tersebut.

Kasi Bina Teknik dan Perencanaan Bina Marga Dinas PUTR Sulsel Sukarlan Birro Allo mengatakan, jembatan itu nantinya akan dibangun dengan panjang 35 meter, sementara lebarnya akan mencapai 14 meter, dengan dua jalur.

Pembangunan jembatan tersebut akan menelan anggaran sebesar Rp18 miliar.

“Masih belum final, kemarin beberapa kali asistensi, tetapi baru sampai di tahapan asistensi struktur, saat ini desainnya masih konvensional,” kata Sukarlan, Senin (25/4/2022).

Sukarlan mengatakan, bahwa pihaknya berencana mengganti desain jembatan itu dengan desain yang lebih futuristik atau kekinian, sehingga nantinya bisa menjadi ikon baru di Kota Makassar.

Namun demikian, konstruksi harus lebih didahulukan, nantinya untuk detail ikonik, hanya sebatas penambahan ornamen saja.

“Jadi yang ikonik, tapi ini masih dilihat kesiapan anggarannya, tapi kalau perjalanannya nanti agak sulit diselesaikan dengan tahun anggaran ini, mungkin cukup konvensional dulu,” ujar dia.

Tahapan pembangunannya, lanjut Sukarlan, telah melewati perencanaan, survei tipografi, peninjauan tanah, pengumpulan data sekunder, sementara ini masih di tahap Detail Engeneering Design (DED).

“Setelah ini selesai, dibuatkan dokumen lelang, terus dibuatkan tahapan pelaksanaan. Untuk yang ini, dimulai penanganan pondasinya lebih dahulu. Rencana pondasi ini akan menggunakan tiang pancang, setelah itu pembangunan sisi bawah, setelah ini baru bagian atas,” katanya.

(HW)

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close