Regional

Wabup Soppeng Ajak Warga Jaga Kelestarian Hutan Lindung

BIMATA.ID, Soppeng — Wakil Bupati Kabupaten Soppeng, Lutfi Halide mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian hutan untuk menjaga mata rantai lingkungan hidup.

Hal itu disampaikan LHD saat duduk bersama warga Dusun Lattie, Kecamatan Donri-donri, Kabupaten Soppeng, Jumat 11 Februari 2022

Menurutnya, hutan yang lestari akan memberikan dampak ekonomi bagi warga sekitar, terutama di kawasan Hutan Lindung Lattie Kabupaten Soppeng.

“Pemanfaatan hutan dengan baik tidak hanya mempunyai nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar, tapi ekologi. Dengan begitu ekosistem dan keberlanjutan hutan tetap bisa terjaga dengan baik,” ajak LHD dalam keterangannya yang diterima Suarasoppeng.com, Sabtu, 12 Februari 2022.

Besan Menteri Pertanian SYL ini pun mengingatkan agar pemanfaatan kawasan hutan memiliki aturan, baik hutan non kayu maupun potensi lainnya yang masuk dalam kawasan hutan lindung tersebut.

Pihaknya sebagai wakil Bupati Kabupaten Soppeng akan senantiasa menjaga Silaturahmi dengan masyarakat dengan harapan saling mengingatkan dalam pemanfaatan kawasan hutan untuk kelestarian alam.

“Bahwa kebutuhan Manusia terus meningkat dan berubah dari waktu ke waktu, untuk dapat mendukung kebutuhan yang meningkat dan berubah itu perlu adanya sumber daya yang berkesinambungan. Lingkungan kita merupakan sumberdaya, karena itu harus kita manfaatkan,” pesannya.

Sekedar diketahui bahwa banyak kasus hukum yang berkaitan dengan pengelolaan hutan lindung yang tidak sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Ada juga kasus hukum yang dihadapi oleh masyarakat lantaran wilayah tempat bermukim sejak lama belakangan diketahui bahwa wilayah tersebut masuk kategori hutan lindung.

USMAN

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close