BeritaPolitik

Elektabilitas Prabowo Subianto di Jatim Tertinggi

BIMATA.ID, Jatim – Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyampaikan, hasil survei terbaru elektabilitas calon presiden (Capres) 2024 di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto masih tertinggi.

“Hasil survei ARCI pada Januari 2022 ini, elektabilitas Prabowo Subianto sebagai Capres di Jatim masih tertinggi, disusul Ganjar Pranowo. Yang mengejutkan, elektabilitas Muhaimin Iskandar yang masuk 3 besar Capres 2024 menurut pilihan warga Jatim,” ujar Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, saat paparan survei ARCI di Surabaya, Rabu (16/02/2022).

Baihaki menyebutkan, tren elektabilitas Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo dan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar paling meningkat.

Khusus untuk pria yang akrab disapa Cak Imin itu, elektabilitasnya meningkat dua kali lipat dibanding survei ARCI pada Oktober 2021 lalu.

“Prabowo kenaikan elektabilitas 1,2 persen menjadi 19,9 persen. Yang naiknya tinggi Muhaimin, dari Oktober lalu 6,9 persen, sekarang menjadi 14,9 persen,” imbuhnya.

Baihaki menjelaskan, salah satu faktor yang menyebabkan elektabilitas Cak Imin sebagai Capres 2024 meningkat pesat adalah ketika safari politik di Provinsi Jatim.

“Kita semua tahu, sebulan terakhir ini Muhaimin Iskandar turun ke Jatim dan mendatangi ponpes-ponpes hingga grass root NU. Ini membuktikan bahwa safari politik yang dilakukan Muhaimin Iskandar berhasil dan mendapat simpati dari warga, khususnya warga NU di Jatim,” jelasnya.

“Sementara, Prabowo meski tidak pernah ke Jatim ya selama 2022 ini, tapi eksistensi Gerindra juga turut berdampak. Makanya, elekbiltasnya masih stabil dan sedikit meningkat,” lanjut Baihaki.

Untuk Ganjar, elektabilitasnya menurun dari 20,2 persen menjadi 18,1 persen. Baihaki menuturkan, beberapa faktor yang menyebabkan elektabilitas Ganjar menurun.

“Faktor PDIP yang belum mendukung Ganjar menjadi salah satu penyebabnya. Dan publik cenderung memilih figur yang memang juga erat kaitannya dengan parpol,” tuturnya.

Baihaki menambahkan, dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024, warga Jatim cenderung masih memiliki kepercayaan terhadap Prabowo. Selain itu, kepercayaan warga Nahdliyin terhadap Cak Imin terus meningkat.

Diketahui, survei ARCI dilakukan pada 15-27 Januari 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jatim dengan jumlah responden proporsional. Survei ini menggunakan mutistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.200. Margin of error sebesar 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut hasil survei ARCI terkait elektabilitas Capres di Provinsi Jatim:

  1. Prabowo Subianto 19,9 persen
  2. Ganjar Pranowo 18,1 persen
  3. Abdul Muhaimin Iskandar 14,9 persen
  4. Khofifah Indar Parawansa 8,1 persen
  5. Anies Baswedan 5,6 persen
  6. Agus Harimurti Yudhoyono 5,1 persen
  7. Mahfud MD 4,2 persen
  8. Ridwan Kamil 4,1 persen
  9. Puan Maharani 2,9 persen
  10. Airlangga Hartarto 2,8 persen
  11. Sandiaga Salahudin Uno 2,5 persen
  12. Erick Thohir 2,3 persen
  13. Gatot Nurmantyo 1,7 persen
  14. Andika Perkasa 1,5 persen
  15. Surya Paloh 0,9 persen
  16. Rizal Ramli 0,7 persen
  17. Tito Karnavian 0,5 persen

– Belum menjawab 4,2 persen.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close