Berita

BNPB Minta 5 Daerah Waspadai Potensi Banjir Jelang Puncak Musim Hujan

BIMATA.ID, Jakarta – Saat Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia,(DPR-RI) Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, mengatakan kepada masyarakat di 5 daerah untuk waspadai puncak musim hujan yang berpotensi menimbulkan bencana banjir.

“Pertama, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat; kedua, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan; ketiga, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara; keempat, Kabupaten Mimika, Papua; dan kelima, Kabupaten Wamena, Papua,” katanya, Senin (13/12/2021).

Suharyanto memaparkan, berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada beberapa daerah yang perlu diwaspadai karena berpotensi tinggi terjadi bencana banjir pada Desember ini.

Pihaknya juga merekomendasikan agar kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi dilakukan secara berjenjang di setiap level, mulai dari provinsi sampai level kelurahan. BNPB sudah membagi tugas sedemikian rupa sehingga pemerintah daerah (pemda) bisa bersiap.

“Kami sudah bagi sedemikian rupa, sehingga masing-masing level, baik level provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, sampai kelurahan, tugasnya masing-masing sudah terurai. Ini sudah kami sampaikan ke jajaran bawah agar para gubernur, para bupati, para wali kota, para camat, para lurah, sudah paham tugasnya masing-masing,” tungkasnya.

Tulisan terkait

Bimata
Close