BeritaHeadlineKesehatanPolitik

Satgas Covid-19 DPR RI Tinjau Pengembangan Vaksin Etana

BIMATA.ID, Jakarta – Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), mengunjungi PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana) di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Kunjungan Satgas Lawan Covid-19 DPR RI itu untuk mengecek pengembangan Vaksin Etana serta sejumlah produk obat.

“Sebentar lagi dari pabrik ini ada Etana Vaksin, yang juga dikembangkan secara biologi. Saat ini akan memasuki uji fase ketiga, yang nantinya bisa membantu proses penyebaran vaksinasi atau kebutuhan vaksin di Indonesia,” tutur Ketua Satgas Covid-19 DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, Jumat (06/08/2021).

Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Banten III ini menguraikan, pengembangan vaksin kini sudah memasuki uji fase ketiga, sebelum nantinya akan diproduksi secara lokal untuk masyarakat Indonesia.

Dasco menyebut, vaksin tersebut nantinya dapat disimpan pada suhu 2-8 derajat celcius, sehingga mudah disimpan di kulkas umum. Uji klinik vaksin diharapkan dapat dilakukan akhir tahun di Indonesia.

Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini berharap, vaksin yang diproduksi PT Etana akan dapat membantu menekan angka kasus Covid-19 di tanah air.

“Ini cukup akan membantu menekan laju Covid-19 di Indonesia,” pungkas Dasco.

Selain mengecek pengembangan Vaksin Etana, Satgas Covid-19 DPR RI juga meninjau pengembangan beberapa produk obat berbasis bioteknologi, termasuk obat untuk pasien cuci darah.

“Jadi dengan obat itu bisa tidak pakai transfusi darah waktu cuci darah. Dan ada juga beberapa obat-obatan untuk kanker dan lain-lain. Saya pikir masa depan bioteknologi, obat-obatan ini masa depan yang cerah di Indonesia,” ucap Dasco.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, yakni Emanuel Melkiades Laka Lena dan Sari Yuliati (Fraksi Partai Golkar), Andre Rosiade dan Habiburokhman (Fraksi Partai Gerindra), serta Arteria Dahlan (Fraksi PDIP).

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close