EkonomiBeritaKesehatanNasionalUmum

Bank Mandiri: Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi Nasional Seimbang

BIMATA.ID, Jakarta- Bank Mandiri menyatakan bahwa peningkatan belanja masyarakat selama pandemi, biasanya akan diikuti oleh kenaikan kasus Covid-19 setelahnya.

Namun, kenaikan belanja masyarakat seimbang dengan penurunan kasus Covid-19, serta pemulihan belanja setelah PPKM Darurat lebih cepat dari pembatasan-pembatasan sebelumnya. Indeks Belanja Masyarakat, yang dilihat melalui Mandiri Spending Index (MSI), sepanjang 2020-2021 menunjukkan keterkaitan yang erat antara tingginya belanja dan kenaikan jumlah kasus.

Contohnya, hanya dengan jeda waktu lima pekan antara puncak indeks MSI dan kenaikan kasus Covid-19 pada gelombang pertama. Lalu, pada gelombang kedua yang terjadi di pertengahan tahun ini, jeda antara keduanya adalah 12 pekan.

Mandiri Research Group pada kajian terbarunya yang diterima Bisnis, menunjukkan bahwa pola keterkaitan antara puncak belanja masyarakat dan kenaikan kasus terlihat semakin pudar.

Dalam beberapa pekan terakhir setelah penurunan kasus Covid-19, tren kasus masih terus menunjukkan penurunan. Namun, pada waktu yang sama pembatasan mobilitas direlaksasi, belanja masyarakat terlihat menunjukkan tren kenaikan.

“Hubungan positif antara MSI dan kasus Covid-19 tampaknya terputus, sehingga menunjukkan adanya keseimbangan antara pemulihan kesehatan dan ekonomi. Ini adalah pertama kalinya dalam hampir dua tahun penuh gejolak yang ditimbulkan oleh pandemi,” tulis Mandiri Research Group, Rabu (03/11/2021).

 

(zbp)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close