BeritaEkonomiRegionalTravelUmum

Menparekraf: Banyuwangi Salah Satu Etalase Ekonomi Kreatif Terbaik di Indonesia

BIMATA.ID, Banyuwangi- Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyebutkan, Banyuwangi salah satu etalase ekonomi kreatif terbaik di Indonesia. Kehadirannya di Banyuwangi dalam rangka melakukan penilaian langsung terhadap Desa Wisata Tamansari, Kecamatan Licin yang terpilih sebagai 50 finalis Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Sabtu (18/09/2021).

Sandi yang didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengunjungi sejumlah destinasi, dan menggelar pertemuan dengan para pelaku ekonomi kreatif. Saat di Taman Gandrung Terakota contohnya, Sandi disuguhkan berbagai kreativitas produk Banyuwangi.

Pria yang akrab dipanggil papa online ini tampak terpesona dengan keahlian Mustaq Bilal memahat kayu menjadi kepala barong Banyuwangi. Selain itu, Sandi dan Ipuk juga mendapat hadiah berupa lukisan sketsa wajah mereka dari seniman disabilitas yang bernama Rizki.

Sandi juga meresmikan Pasar Gandrungan dan Art Exibition. Pasar Gandrungan memvisualisasikan pasar tempo dulu dengan properti, dagangan, dan penjual dengan kostum tradisional, namun dengan menggunakan sistem pembayaran cashless.

“Kita mengharapkan masyarakat desa di Banyuwangi semakin semangat untuk menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” katanya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berharap, lewat pariwisata dan budaya yang ada di Banyuwangi dapat meningkatkan kesejahteraan warga sekitar tempat wisata tersebut.

“Pariwisata ini hanya penunjang, yang akan menjadi pilar dan menopang kehidupan di sini adalah budayanya. Jadi orang-orang datang ke sini untuk merasakan (budaya), to experience, to see, and to buy,” ungkapnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close