Regional

Penumpang di Pelabuhan Parepare Terciduk Gunakan Kartu Vaksin Palsu

BIMATA.ID, Parepare – Pemkot Parepare memperketat pengawasan utamanya kepada nakes pasca-ditemukannya kartu vaksin palsu yang digunakan penumpang saat hendak bertolak dari Pelabuhan Nusantara Parepare.

Kartu vaksin palsu tersebut ditemukan Polsek Kawasan Pelabuhan Nusantara yang digunakan calon penumpang asal Kabupaten Wajo dan Bone beberapa waktu lalu. Kuat dugaan, kartu vaksin palsu tersebut dibuat tenaga kesehatan di daerah asal calon penumpang.

Sekkot Parepare Iwan Asaad mewanti-wanti ASN maupun nakes di daerahnya untuk tidak mencoba memproduksi kartu vaksi palsu. Bila ditemukan bakal diberi sanksi berat.

“Bila ditemukan ada ASN atau non ASN yang mengeluarkan kartu vaksin yang tidak semestinya diberikan, maka disamping memperoleh sanksi kepegawaian juga akan dilaporkan kepada aparat penegak hukum,” kata Iwan, Jumat (14/8/2021).

Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar Wilker Parepare, Nurhayati mengaku pihaknya menerapkan pemeriksaan secara ketat terhadap kartu vaksin calon penumpang kapal yang menjadi salah satu syarat perjalanan.

“Selain memeriksa secara detail, kartu vaksin mereka, kita juga melakukan wawancara langsung terhadap si pemegang kartu vaksin termasuk menanyakan bagian mana yang pernah disuntik,” katanya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close