Berita

Lonjakan Kasus Covid-19 di Solo Membuat Ketersediaan Oksigen Semakin Menipis

BIMATA.ID, Solo — Sekretaris PMI Solo, Sumartono Hadinoto, membenarkan adanya sejumlah Rumah sakit meminta bantuan pada PMI Cabang Solo, Jawa Tengah, untuk dicarikan oksigen lantaran stok yang digunakan pasien akan habis beberapa jam lagi pihaknya langsung menyebar luaskan bantuan itu melalui video pernyataan.

“Ya benar, kami dimintai tolong pada sejumlah rumah sakit di Solo agar dicarikan oksigen,” ujar Martono Jumat (09/07/2021).

Martono meminta pada siapapun yang punya akses jaringan terkait stok oksigen agar bisa ikut membantu menyediakan stok oksigen di rumah sakit. Hal ini sangat penting karena oksigen sangat dibutuhkan untuk penyembuhan pasien Covid-19 di Solo.

“Siapapun yang punya akses untuk mendapatkan oksigen bisa membantu rumah sakit,” kata dia.

Ia mengatakan, dari pengecekan sementara ada keterlambatan dalam pengiriman. Hal ini tidak seperti biasanya. Untuk update terbaru oksigen masih dalam perjalanan menuju ke Solo.

“Semoga saja oksigen itu sudah sampai sebelum oksigen yang digunakan pasien sudah habis,” ucap dia.

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah meminta pada rumah sakit bersangkutan yang kekurangan oksigen agar menunggu.

“Persoalan itu (kekurangan oksigen) sudah diatasi. Yang RS Hermina Solo kekurangan udah sampai (oksigennya),” kata Gibran.

Putra sulung Presiden Jokowi ini mengaku, sedang melakukan tracking ke rumah sakit lain untuk memastikan tidak ada rumah sakit yang kekurangan oksigen.

“Saya track untuk rumah sakit lain. Sudah saling tukar dan mengisi oksigen antar rumah sakit,” pungkasnya.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close