Berita

Luapan Sungai Membuat Tiga Wilayah Kecamatan di Jombang Terendam Banjir Hingga 2 Meter

BIMATA.ID, Jombang – Koordinator Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang, Stevie Maria,menyatakan ada delapan desa yang terendam banjir dengan ketinggian air mencapai dua meter yang berada di Kecamatan, Mojoagung, Mojowarno dan Kecamatan Sumobito. Hal tersebut disebabkan meluapnya tiga sungai besar yang melintasi desa, yakni Sungai Pancir, Sungai Catak Banteng Dan Sungai Gunting.

“Penyebabnya curah hujan tinggi hampir di seluruh wilayah. Kemudian membuat beberapa sungai debit airnya naik dan meluber ke permukiman. Ada delapan desa di tiga kecamatan yang terendam,” katanya, Jumat (21/01/2022).

Pihaknya mengatakan, dari pantauan di lokasi banjir mulai datang sekitar pukul 19.30 WIB. wilayah terparah  berada Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung. Air banjir yang merendam pemukiman dan jalan jalan desa mencapai dua meter lebih.

“Tak hanya membuat sebagian warga mengungsi, banjir juga membuat aktivitas warga lumpuh total. Bahkan, karena air terus meninggi,” ucapnya.

Petugas BPBD dan beberapa personel TNI-Polri sempat diterjunkan untuk mengevakuasi warga yang masih terjebak di dalam rumah.

“Hingga dini hari, proses evakuasi masih terus dilakukan, Warga yang rumahnya terendam,  ditempatkan di Balai Desa dan beberapa fasilitas umum lain yang aman dari terjangan banjir,” tungkasnya.(oz)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close