BeritaHeadlinePolitik

Jokowi Umumkan Enam Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju, Berikut Nama-Namanya

BIMATA.ID, Jakarta – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), mengumumkan nama-nama pimpinan baru di enam Kementerian RI.

Jokowi tidak hanya mengganti pimpinan di Kementerian yang ditinggalkan karena Menteri tersebut melakukan korupsi, akan tetapi juga Kementerian yang mendapat banyak sorotan dari masyarakat.

Hal itu disampaikan Jokowi didampingi Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2020).

Dalam pengenalan tersebut, Jokowi mengundang enam Menteri baru. Mereka pun kompak mengenakan jaket berwarna biru, yang ternyata punya arti sendiri.

“Warnanya sih keren saja, eye catching, kapan harus tetap segar cerah, ceria, semangat,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden RI, Bey Machmudin, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Presiden Jokowi direncanakan melantik Menteri baru besok pada Rabu (23/12/2020) besok. Adapun enam Menteri baru di Kabinet Indonesia Maju, sebagai berikut:

  1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial RI

Wali Kota Surabaya ini dipilih menggantikan Juliari P Batubara yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus korupsi dana bantuan sosial (Bansos) Covid-19.

  1. Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

Mantan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta ini ditunjuk menggantikan pejabat sebelumnya, Wishnutama Kusubandio. Sandi tercatat sebagai kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

  1. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan RI

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI ini ditunjuk menggantikan Terawan Agus Putranto. Budi dikenal luas sebagai bankir.

  1. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama RI

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor ini dipilih menggantikan Fachrul Razi. Gus Yaqut dikenal sebagai putra salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

  1. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI

Wakil Menteri Pertahanan ini ditunjuk menggantikan Edhy Prabowo yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus korupsi benih lobster.

  1. Muhammad Luthfi sebagai Menteri Perdagangan RI

Duta Besar RI untuk Amerika Serikat ini dipilih menggantikan Agus Suparmanto. Lutfi dikenal sebagai pendiri Mahaka Group dan juga pernah menjadi Menteri Perdagangan RI di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close