BeritaHukumPolitikRegional

Pengamanan Pilkada 2020, Polda Sumbar Kerahkan Ribuan Personel

BIMATA.ID, Sumbar – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar), mengerahkan sebanyak 6.961 personel dalam mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang rencana akan digelar 9 Desember 2020.

Kabid Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sumbar, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, Polda sudah menyusun kekuatan dari personel kepolisian untuk mengamankan wilayah yang akan melaksanakan Pilkada di Provinsi Sumbar. Selain itu, TNI dan Linmas juga akan dilibatkan pengamanan.

“Total ada 11 Kabupaten dan 2 Kota di Sumbar yang melaksanakan pemilihan merangkup Pilgub 2020. Masing-masing daerah dan tahapan Pilkada ada kerawanannya, sehingga setiap pentahapan ada pengamanannya,” katanya, dilansir dari tagar[dot]id, Rabu (8/7/2020).

Kombes Stefanus juga menyampaikan, pemetaan tingkat kerawanan perlu dilakukan untuk menentukan cara bertindak dan melibatkan jumlah personel yang akan diturunkan dalam pengamanan.

“Apel gelar pasukan pengamanan Pilkada tidak dilaksanakan di lapangan, karena masih dalam pendemi Covid-19. Kami tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ada,” jelasnya.

Seperti diketahui, sebanyak 13 Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumbar yang akan melaksanakan Pilkada 2020. Adapun rinciannya, yakni Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat, Dharmasraya, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Tanah Datar, Solok, Agam dan Limapuluh Kota, serta Kota Bukittinggi dan Solok.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close