BeritaPeristiwaPolitikRegional

Survei SMRC: Pasangan Ahmad Ali – Abdul Karim Aljufri Unggul 30,8 persen

BIMATA.ID, Jakarta – Hasil survei Pilgub Sulteng yang dilakukan Saiful Mujani Research And Consulting (SMRC) menunjukkan pasangan Ahmad Ali (AA), dan Abdul Karim Aljufri (AKA) unggul dibandingkan dua pasangan lain, dengan perolehan suara 30,8 persen.

Survei yang bertema “Peluang Calon-calon Gubernur dalam Pilkada Provinsi Sulawesi Tengah” tersebut, dilakukan SMRC pada periode tanggal 6 – 18 Mei 2024.

Diketahui, dalam pantauan survei SMRC telah memunculkan tiga pasangan calon, yakni: AA-AKA, Anwar Hafid-Renny A Lamadjido dan pasangan Rusdy Mastura – Mohamad Irwan Lapatta.

Baca juga: Prabowo: Makan Bergizi Gratis Tidak Satu Pola Saja, akan Sesuai Tipologi Daerah

Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani menjelaskan, hingga saat ini belum ada calon yang definitif. Partai-partai politik masih melakukan penjaringan calon dan saling menjajaki kemungkinan kerjasama atau koalisi.

Namun, sudah ada sejumlah nama tokoh yang diberitakan akan maju bertarung dalam Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah (Pilgub Sulteng).

“Bila Pemilihan Gubernur diadakan ketika survei dan yang maju ada tiga nama, Ahmad M Ali vs Anwar Hafid vs Mohamad Irwan Lapatta, Ahmad M Ali mendapat dukungan 33.9%, kemudian Anwar Hafid 29.6%, dan Mohamad Irwan Lapata 12%. Yang belum tahu sekitar 24.5%,” jelas Deni dalam siaran persnya, pada Rabu (22/05/2024).

Lihat juga: Prabowo Ingin Makan Bergizi Gratis jadi ‘Growth Driver’ Ekonomi Indonesia

Sambungnya, dalam simulasi tiga nama tersebut, Ahmad M Ali, dan Anwar Hafid bersaing sangat ketat dengan selisih hanya sekitar 4.3%, sementara, Mohamad Irwan Lapatta terlihat masih kurang kompetitif dibanding kedua lawannya tersebut.

Survei tersebut juga menguji kekuatan tiga nama masing-masing Ahmad M Ali vs Anwar Hafid vs Rusdy Mastura. Dalam simulasi dari tiga nama ini, Ahmad M Ali mendapat dukungan 29.7%, kemudian Anwar Hafid 28.9%, dan Rusdy Mastura 20.2%. Yang belum tahu sekitar 21.3%.

“Dari dua skenario 3 calon ini terlihat bahwa persaingan ketat terjadi antara Ahmad M Ali dan Anwar Hafid. Selisih keduanya hanya 0.8-4.3% tergantung komposisi calon yang bersaing,” jelasnya.

Simak juga: Luhut Binsar: Elon Musk Senang Bertemu Dengan Prabowo Subianto

Untuk diketahui, Rusdy Mastura berada di bawah Ahmad M Ali dan Anwar Hafid dengan jarak sekitar 8.7-9.5%. Sementara Mohamad Irwan Lapatta terlihat paling kurang kompetitif.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close