BeritaNasional

Hadiri HUT Hendropriyono, Prabowo Apresiasi Inisiatif Penghormatan terhadap Budaya Indonesia

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengapresiasi gagasan serta inisiatif luar biasa dari Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal TNI (Purn.) AM Hendropriyono yang pada hari ulang tahunnya meresmikan replika Istana Majapahit yang pernah ada di Jawa Timur pada tahun 1292 – 1526 M.

“Ini merupakan sebuah inisiatif, gagasan yang luar biasa dari Pak Hendropriyono,” kata Prabowo saat menghadiri acara peresmian replika Kraton Majapahit Jakarta yang berlokasi di kawasan Cipayung, Jakarta, Selasa (7/5).

Prabowo menambahkan, momen ini menjadi lebih spesial lantaran bertepatan dengan hari ulang tahun Hendropriyono.

“Kebetulan hari ini juga ulang tahun Pak Hendro, saya bisa lihat fisik sepertinya Pak Hendro masih lama ini,” kata Prabowo yang kemudian disambut tawa para hadirin.

Baca Juga : Prabowo : Pembuatan Replika Istana Majapahit Merupakan Upaya Lestarikan Budaya dan Sejarah

Pembangunan replika Istana Majapahit ini disebut Prabowo sebagai bagian dari upaya untuk melestarikan budaya dan warisan tanah air.

“Ini luar biasa, membanggakan. Kalau bukan kita yang menghormati dan menghargai budaya kita sendiri, siapa lagi? Tidak ada orang lain yang akan menghormati (budaya) kita, kalau kita sendiri tidak menghormatinya,” ungkap Prabowo.

“Dan inilah sekarang, cara-cara kita untuk selalu melestarikan dan menghormati budaya kita. Jadi, saya sangat kagum. Saya ucapkan selamat, luar biasa,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Prabowo turut menandatangani prasasti untuk Kraton Majapahit yang bertuliskan “Replika Kraton Majapahit Jakarta ini merupakan Gelombang Kebangkitan Bangsa Indonesia di bidang Kebudayaan Demi Membangun Kepribadian Bangsa yang Berdaulat di Bidang Politik dan Mandiri di Bidang Ekonomi Nasional.”

Selanjutnya, Prabowo mendapat cendera mata berupa patung Pangeran Diponegoro dari Hendropriyono.

“Rupanya beliau ngefans dengan Pangeran Diponegoro. Jadi, saya buatkan patung Pangeran Diponegoro,” ungkap Hendro dalam sambutannya.

Simak Juga : Sarankan PPP Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Sandi: Kami Harus Ikut Dalam Pembangunan

Replika Kraton Majapahit ini dibangun seperti aslinya pada masa lalu dengan skala kecil dan terdiri dari sejumlah fasilitas layaknya Kraton Majapahit yang sebenarnya, seperti Taman Madakaripura, Pendopo Maharaja Hayam Wuruk, Balairung Mahapatih Gajah Mada dan Alun-Alun Wilwatikta.

Acara persemian tersebut turut dihadiri sejumlah purnawirawan TNI dan pejabat, di antaranya Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno; Jenderal TNI (Purn) Wiranto; Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar; Ketua MPR RI Bambang Susatyo; Menko PMK Muhadjir Effendy; Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan; Menkominfo Budi Arie, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit P.; KSP Jenderal TNI (Purn) Moeldoko; serta Ketua LVRI Letjen TNI (Purn) HBL Mantiri.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close