BeritaNasionalPeristiwaPolitik

Ditanya Soal Kabinet Presiden Terpilih, Jokowi Klaim Tak Beri Masukan

BIMATA.ID, Depok – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak memberi masukan soal pembentukan struktur kabinet Presiden, dan Wapres terpilih Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

“Oh nggak ada, nggak ada,” ucap Presiden Jokowi ketika ditanya wartawan tentang masukan untuk pemerintahan selanjutnya, di sela-sela kegiatannya menghadiri peresmian Indonesia Digital Test House di Depok, Jawa Barat, Selasa (07/05/2024).

Diketahui, Jokowi juga mengelak ketika dimintai tanggapan soal wacana penambahan nomenklatur kementerian menjadi 40 pada pemerintahan Prabowo – Gibran.

Baca juga: Surya Paloh Sungkan Minta Jatah Menteri ke Prabowo

“(Soal) kabinet yang akan datang ditanyakan dong kepada presiden terpilih,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Habiburokhman menyebut, Jokowi menjadi sosok yang paling banyak dimintai pendapat oleh Prabowo terkait pengisian kabinet pemerintahan 2024 – 2029.

Habiburokhman mengatakan, bahwa Prabowo juga menjadikan Presiden Jokowi sebagai mentornya untuk belajar soal kepemimpinan, kerja keras, hingga mengambil keputusan-keputusan di saat kritis.

Lihat juga: MPR Akan Temui Prabowo dan Gibran Bicara Masalah Kebangsaan

“Bukan cawe-cawe. Pastinya, akan dimintai pendapat oleh Pak Prabowo,” kata Habiburokhman.

Selain itu, Ia juga menilai isu penambahan nomenklatur kementerian menjadi 40 pada pemerintahan mendatang sebagai sesuatu yang bagus.

“Kalau memang ingin melibatkan banyak orang, menurut saya juga enggak ada masalah. Justru semakin banyak, semakin bagus kalau saya pribadi,” kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Senin (06/05/2024).

Simak juga: Ngaku Diajak Koalisi, PKB Pede Dapat Kursi Menteri dari Prabowo

Kemudian, Dia pun menepis penilaian pengembangan jumlah kementerian sebagai upaya untuk mengakomodasi kepentingan politik.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close