BeritaNasionalOpiniPolitik

Survei ISC: Elektabilitas Perindo Salip PPP dan PAN

BIMATA.ID, Jakarta – Tingkat keterpilihan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) pada Agustus 2022 kembali menyalip dua partai politik (parpol) parlemen, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Hal itu terpotret dalam hasil survei Indonesia Survey Center (ISC).

“Yang mengejutkan, bukan partai Senayan tapi berhasil melewati dua partai penghuni rutin Senayan, yakni Perindo. Perindo bisa mendapatkan elektabilitas 3,6 persen,” tutur Peneliti Senior ISC, Chairul Ansari, dalam rilis survei secara daring, Senin (29/08/2022).

Chairul menyampaikan, elektabilitas PPP hanya sebesar 2,2 persen, sedangkan PAN memperoleh 2,1 persen.

Sementara, sambung Chairul, elektabilitas tertinggi parpol masih ditempati Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebesar 21,1 persen dan di posisi kedua ada Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan 19,8 persen.

“Dua partai ini masih meraih simpati terbesar, masih meraih dukungan keterpilihan terbesar,” pungkasnya.

Di posisi ketiga, terdapat Partai Demokrat dengan elektabilitas sebesar 9,1 persen, disusul Partai Golongan Karya (Golkar) sebesar 8,8 persen, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebesar 6,7 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebesar 5,8 persen, dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebesar 5,5 persen.

“Belum punya pilihan sebesar 12,9 persen,” ucap Chairul.

Survei ISC dilakukan pada 9-19 Agustus 2022 di 34 provinsi. Jumlah sampel yang digunakan dalam survei ini sebanyak 1.520 responden.

Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada survei tersebut adalah multistage random sampling, dengan menerapkan margin of error sebesar ±2,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close