Politik

Momen Gibran Tanya Cak Imin Soal SGIE dan Ditanya Balik: Maaf Kalau Pertanyaannya Sulit

BIMATA.ID, Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, melontarkan pertanyaan terkait cara meningkatkan peringkat Indonesia dalam State of the Global Islamic Economy (SGIE) kepada cawapres nomor urut 1 Cak Imin, dalam debat cawapres, Jumat (22/12/2023).

Pertanyaan tersebut dilontarkan atas dasar posisi Cak Imin sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dinilai seharusnya paham soal ekonomi Islam. Gibran lantas bertanya langkah apa yang akan dilakukan Cak Imin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE.

SGIE sendiri adalah laporan yang mengukur kinerja ekonomi Islam di seluruh dunia, berdasarkan berbagai indikator, termasuk keuangan syariah, makanan halal, pariwisata ramah Muslim, dan mode sederhana.

“Karena Gus Muhaimin adalah Ketua Umum PKB, saya paham Gus paham ini. Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia dalam SGIE?” tanya Gibran.

Mendengar pertanyaan itu, Cak Imin bertanya balik dan mengungkapkan bahwa ia tidak memahami apa itu SGIE. Ia juga mengaku tidak pernah mendengar istilah tersebut. Waktu selama dua menit yang seharusnya dipergunakan untuk menjawab akhirnya dikorbankan.

Setelah diperbolehkan menjawab oleh moderator, Gibran menanggapi pernyataan Cak Imin tersebut, dan menjelaskan bahwa SGIE berkaitan erat dengan ekonomi dan keuangan syariah.

“Gus, kita kan sedang fokus mengembangkan ekonomi syariah dan keuangan syariah. Otomatis kita harus paham SGIE. SGIE adalah State of Global Islamic Economy. Dan Indonesia sudah masuk 10 besar di dalamnya terutama makanan halal, kosmetik halal. Mohon maaf kalau pertanyaan saya sulit,” jawab Gibran seraya tersenyum.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close