BeritaNasionalPolitik

TKN: Survei Sudah Buktikan Gibran Beri Efek Elektoral untuk Prabowo

BIMATA.ID, JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nurul Arifin mengaku semakin bersemangat melihat hasil survei LSI Denny JA yang menempatkan pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di urutan teratas elektabilitas capres-cawapres 2024.

Salah satu temuan penting survei tersebut adalah adalah Cawapres Gibran Rakabuming Raka mulai memberi efek elektoral bagi Capres Prabowo.

“Selama ini Mas Gibran selalu diserang, baik kritik maupun fitnah. Tapi ternyata itu tidak mempan. Gibran’s effect mulai terlihat. Semakin diserang, Mas Gibran justru makin populer. Ini luar biasa.” terang Nurul kepada wartawan, Selasa (22/11/2023).

Baca juga: Prabowo-Gibran Jawab Akurat Pertanyaan Najwa Shihab Soal Seberapa Saling Kenal

Survei terbaru LSI Denny JA mengkonfirmasi bahwa tingkat keterkenalan (popularitas) Cawapres no. urut 2 Gibran Rakabuming Raka naik sebanyak 18 persen hanya dalam waktu sebulan.

“TKN justru bersyukur atas serangan-serangan yang membuat Mas Gibran banyak dibicarakan. Bagi TKN ini menjadi semacam marketing gratis menuju Pilpres 2024” jelasnya.

Hasil Survei Denny JA juga mengkonfirmasi bahwa tingkat kesukaan terhadap Prabowo-Gibran meningkat di dua segmen pemilih, yaitu di kalangan anak muda dan pemilih yang puas atas kinerja presiden Joko Widodo.

Lihat juga: Ajak Anak Muda Gunakan Hak Pilih, Prabowo: Nasib Anda Ditentukan Beberapa Menit di TPS

“Memang dua segmen inilah yang menjadi prioritas utama Mas Gibran. Artinya kita sudah berada di jalur yang benar” terang politisi partai Golkar ini.

Hasil survei LSI Denny JA memperlihatkan bahwa efek dari Walikota Solo ini tidak hanya memberi efek tidak hanya di segmentasi pemilih, namun juga secara teritorial. Elektabilitas Prabowo Gibran di Jawa Tengah tercatat meningkat sebanyak 13,9%, meski masih tertinggal dibanding pasangan Ganjar-Mahfud.

“Hal ini jadi bukti bahwa Mas Gibran memberikan efek elektoral. Ini memancing optimisme kita, Jawa Tengah ternyata juga kandang dari Pak Jokowi dan Mas Gibran” jelas Nurul.

Simak juga: Prabowo Beri Kado Bantal Kucing ke Anies, Helm Sepeda ke Ganjar

Hal senada juga disampaikan wakil ketua umum DPP Partai Gerindra Habiburokhman. Dia mengapresiasi hasil survei lembaga survei Indonesia Denny JA Yang menunjukkan keunggulan Prabowo – Gibran yang sangat signifikan.

Menurutnya, Keunggulan Prabowo-Gibran sangat tebal yakni 11,7 % atau 4 kali margin of error dibandingkan 2 Paslon Ganjar- Mahfud yang ada di peringkat kedua.

“Hasil survei LSI ini menunjukkan bahwa publik sebagai pemegang kuasa memilih sudah semakin cerdas. Mereka bisa melihat kinerja luar-biasa Pak Prabowo-Gibran di posisi sebagai Menhan dan Walikota Surakarta berpadu dengan gaya komunikasi santuy dan santun, serta visi, misi dan program Prabowo-Gibran yang realistis sebagai dasar untuk menentukan pilihan elektoral,”ungkapnya.

Selengkapnya: Cerita Joget Khas Prabowo, Terinspirasi Kebisaan Sang Kakek Suka Wayang

“Disisi lain, tampak sekali bahwa semua partai KIM berikut simpul-simpul relawan all out kerja keras meyakinkan rakyat di akar rumput untuk memilih Prabowo-Gibran. KAmi semakin yakin bahwa dengan tren elektabilitas yang semakin hari semakin baik ini dan jika tidak terjadi kecurangan maka kami bisa menang satu putaran,” jelasnya.

Survei LSI Denny JA digelar pada 6-13 November 2023. Survei ini melibatkan 1.200 responden dengan metode multistage random sampling dan wawancara tatap muka. Margin of error survei ini sekitar 2,9 persen.LSI Denny JA berhasil memotret dukungan responden pada Prabowo-Gibran sebesar 40,3 persen, diikuti oleh Pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies Muhaimin masing-masing di angka 28.6% dan 20,3%.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close