BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Survei Indikator: Publik yang Puas dengan Jokowi Condong ke Prabowo Ketimbang Ganjar

BIMATA.ID, Jakarta – Hasil Survei Indikator menunjukkan kelompok yang puas atas kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) condong memilih pasangan capres-cawapres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024.

Hal tersebut dipaparkan secara daring oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Minggu (12/11). Burhanuddin mengatakan dukungan untuk Prabowo-Gibran mencapai 40,9%. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 6% dari dukungan pada keduanya per awal Oktober 2023.

BACA JUGA: Geger!!! Ganjar Jadi Ketua Pemenangan Prabowo-Gibran

Sementara dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya 36,2%. Burhanuddin menjelaskan angka bahkan turun sekitar 6,5% dibanding dukungan pada periode awal Oktober. Sedangkan pendukung Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebesar 17,1%.

“Dari kalangan yang puas dengan kinerja Pak Jokowi, yang naik adalah (pendukung) Pak Prabowo, yang turun adalah pemilih Mas Ganjar. Sementara pendukung Mas Anies dari segmen ini, cenderung landai kenaikannya,” kata Burhanuddin.

Kemudian, Burhanuddin juga membeberkan arah dukungan kepada tiga pasangan dari basis pemilih di Pilpres 2019. Hasilnya, pendukung Jokowi-Ma’ruf pada pemilu periode lalu, juga lebih memilih pasangan Prabowo-Gibran ketimbang Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin.

BACA JUGA: Survei PWS: Prabowo-Gibran 58,5%, Unggul Jauh dari Anies-Cak Imin 30,2% Head to Head

“Pemilih Jokowi-Maruf di 2019 yang memilih Mas Ganjar turun cukup signifikan. Sementara pemilih Prabowo-Gibran dari segmen dari Pak Jokowi-Maruf naik,” jelasnya.

Adapun pendukung Ganjar-Mahfud saat ini dari basis pemilih Jokowi-Ma’ruf turun dari 51,4% ke 44,4%. Sementara pendukung pendukung Prabowo-Gibran naik dari 29,6% ke 34,9% dan Anies-Cak Imin sedikit naik dari 13,5% ke 15,7%.

“Pada basis Jokowi-Ma’ruf Amin, Ganjar menurun curam, Prabowo menguat cukup besar,” ujarnya.

Sementara berdasarkan basis pemilih Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019, Burhanuddin mengatakan banyak pendukung Prabowo nampak beralih mendukung pasangan Anies-Cak Imin.

Ia menjelaskan angka dukungan untuk Prabowo menurun dari 55,8% menjadi 45,3%. Sementara untuk Anies-Cak Imin naik dari 35,2% ke 44,9%. Serta dukungan untuk Ganjar-Mahfud dari basis pemilih Prabowo-Sandi terbilang stagnan di angka sekitar 4%.

BACA JUGA: Prabowo, Jokowi dan Ibu Negara Kompak Saksikan Timnas U-17 di Surabaya

“Pemilih Pak Prabowo lama untuk pemilihan Prabowo saat ini turun juga. Sementara pemilih Mas Anies naik,” ucap Burhanuddin.

Survei Indikator dilakukan pada 27 Oktober-1 November 2023 dengan melibatkan 1.220 responden.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close