BeritaPeristiwaRegional

Pemprov Jateng Terapkan Satu Harga Produk yang Diunggah Melalui E-Katalog

BIMATA.ID, Kudus – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) berupaya meminimalisirkan terjadinya penggelembungan (mark up) harga dalam pengadaan barang dan jasa melalui katalog elektronik (E-Katalog) dengan menerapkan satu harga.

Kepala Biro Administrasi Pengadaan Barang/Jasa (APBJ) Setda Provinsi Jateng, Yasip Khasani mengungkapkan, dengan adanya kebijakan tersebut, dimungkinkan harga alat kesehatan akan turun, tetapi ada biaya pemeliharaan yang selama ini tidak pernah terjadi.

“Strategi satu harga yang kami terapkan saat ini sudah ada dua item, yakni bahan habis pakai dan alat kesehatan,” kata Kepala Biro Administrasi Pengadaan Barang/Jasa (APBJ) Setda Provinsi Jateng, Yasip Khasani ditemui pada, Senin (01/11/2023).

Baca juga: Hadiri Rapimcab Gerindra Kota Tangerang, Sufmi Dasco: Sosialisasikan Prabowo-Gibran Langsung Ke Warga!

Sebelumnya, menyangkut harga, maka nantinya juga ada efisiensi layanan. Nantinya, bisa bebas ongkos kirim, bebas pelatihan, serta masa garansi yang sebelumnya dua tahun menjadi lima tahun.

“Beberapa efisiensi yang sudah dilakukan, bisa dibuktikan lewat e-katalog yang diberi nama Blangkon Jateng,” ujarnya.

E-katalog blankon Jateng, kata dia, merupakan tempat mempromosikan produk lokal di Jateng, termasuk produk UMKM.

Lihat juga: Resmikan Posko Relawan Laskar Pagi di Gunawarman, Prabowo: Siapapun Boleh Datang

Menurutnya, sudah banyak daerah yang memanfaatkannya untuk pengadaan barang, sehingga mencatatkan e-katalog Blankon Jateng menjadi yang terbaik dan mendapatkan penghargaan dari LKPP.

Sebagai informasi, terkait transaksi dan penggunaan produk dalam negeri terbanyak sejak diluncurkannya e-katalog yang diberi nama Blangkon Jateng yang memfasilitasi penyedia produk lokal di Jateng, termasuk produk UMKM pada 2021.

Untuk diketahui, bagi daerah yang belum siap dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengadaan barang dan jasa melalui e-katalog, disarankan memanfaatkan e-katalog Kabupaten tetangga yang lebih siap.

Simak juga: Bertemu Anak Muda di Posko Relawan, Prabowo Tertawa Diteriaki ‘Emang Boleh Se-gemoy Ini’

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close