BeritaNasional

Kelurahan Jakarta Pusat Aktifkan Sistem Siskamling Dalam Rangka Jaga Keamanan

BIMATA.ID, Jakarta – Kelurahan di Jakarta Pusat mengaktifkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sekretaris Kecamatan Cempaka Putih Dodi Kurnia mengatakan, salah satu pengaktifan Siskamling dilakukan di Kelurahan Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat.

“Kita akan aktifkan kembali siskamling di Kelurahan Cempaka Putih Barat mulai dari RW 01 hingga RW 13”, kata Dodi, dikutip dari antaranews, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga : Bos PPI Ungkap Iman Jokowi Saat ini Hanya Satu, Dukung Prabowo – Gibran

Siskamling ini, ucapnya, diaktifkan pada malam hari dengan jadwal piket bergantian di tiap RT untuk lebih memastikan Pemilu 2024 di wilayah tersebut berjalan damai dan tertib.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan para ketua RW untuk melaksanakan piket-piket tentang siskamling ini sendiri. 

“Contohnya membuat jadwal piket dari hari Senin sampai Minggu bergilir dari tiap RT dan nantinya akan dilakukan siskamling setiap malam,” tuturnya.

Lurah Cempaka Putih Barat Annisa Titisunda menyebutkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi pengamanan Pemilu 2024 kepada seluruh RT, RW dan warga setempat. 

Seperti sosialisasi yang berlangsung di Aula Lantai 2 Kantor Lurah Cempaka Putih Barat pada Rabu (15/11).

Pertemuan kemarin, jelas Annisa, menjadi langkah awal untuk mengajak masyarakat ikut berkontribusi dan aktif dalam menjaga lingkungan.

“Kita lakukan sosialisasi dan pemahaman serta menyamakan persepsi bahwa menjaga ketertiban wilayah adalah kewajiban bersama”, jelas Annisa.

Simak Juga : Prabowo Dorong Perdamaian di Pertemuan Menhan se-ASEAN dan AS

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Cempaka Putih Barat A. 

Dirga menerangkan, Siskamling bukan hanya berfungsi menjaga lingkungan menjelang pemilu, namun juga menjaga anak-anak remaja agar tidak tawuran.

“Saya minta kepada para ketua RW untuk mendata anak-anak remaja yang memiliki sifat kurang baik agar kita bisa memberikan edukasi terhadap anak tersebut”, terangnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close